Kemenperin Dukung Proyek Technopark di Makasar

Fitri Sartina Dewi
Senin, 26 Oktober 2015 | 11:54 WIB
Technopark/Antara
Technopark/Antara
Bagikan

Bisnis.com,MAKASSAR--Kementerian Perindustrian berkomitmen memberikan dukungan terhadap rencana pembangunan Technopark di Kota Makassar.

Kepala Program dan Evaluasi Kementerian Perindustrian Eni Santi Astusi mengatakan pembangunan Technopark di Makassar diharapkan dapat menjadi pusat pengembangan industri kreatif berbasis IT diluar Pulau Jawa.

"Kementerian Perindustrian akan memberi dukungan baik dalam bentuk pendanaan, dan persiapan peralatannya, termasuk tenaga ahli untuk pengembangan Technopark di Makassar," ‎kata Eni, akhir pekan ini. Lebih lanjut, dia menuturkan Kementerian Perindustrian memberikan kewenangan kepada Pemkot Makassar selaku initiator dan Universitas Hasanuddin serta stakeholder terkait lainnya untuk merumuskan pola pembangunan Technopark yang bersifat jangka panjang.

"Minimal harus memiliki program untuk jangka waktu lima tahun kedepan sebagai indikator untuk mengukur keberhasilannya," ujarnya. Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar Muhammad Ismounandar mengatakan pembangunan Technopark dilakukan sebagai upaya untuk mewujudkan kota Makassar sebagai Smart City dan pusar pelayanan teknologi di Kawasan Timur Indonesia.

Dia menuturkan, saat ini setidaknya ada 12 perguruan tinggi di Makassar yang memiliki ‎Program Studi Informatika dan Komputer. Selain itu, pertumbuhan komunitas ICT saat ini telah mencapai 100 komunitas. "Persoalan yang dihadapi adalah software aplikasi yang dihasilkan komunitas dan institusi pendidikan tidak terorganisasi dan terpromosi dengan baik."tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper