Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Besok Layanan 4G LTE Digelar, Ini Strategi yang Dipersiapkan Indosat

Senin (6/7/2015) besok, empat operator seluler secara serentak akan meluncurkan layanan 4G Long Term Evolution (LTE) berbasis pita frekuensi 1.800 MHz. PT Indosat Tbk, misalnya, bakal menggelar teknologi seluler generasi keempat itu di Balikpapan, Kalimantan Timur.nn
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 05 Juli 2015  |  22:25 WIB
Besok Layanan 4G LTE Digelar, Ini Strategi yang Dipersiapkan Indosat
Ilustrasi - kampusit
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Senin (6/7/2015) besok, empat operator seluler secara serentak akan meluncurkan layanan 4G Long Term Evolution (LTE) berbasis pita frekuensi 1.800 MHz. PT Indosat Tbk, misalnya, bakal menggelar teknologi seluler generasi keempat itu di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kepala Komunikasi Korporat Indosat Fuad Fachroeddin mengatakan perusahaannya telah menyiapkan infrastruktur jaringan terbaik agar pergelaran 4G LTE nantinya dapat memberikan kepuasan maksimal bagi pelanggan.

“Kami telah membuat program Modernisasi Jaringan Indosat secara nasional sehingga seluruh jaringan siap mengaktifkan layanan telekomunikasi 4G-LTE,” katanya dalam siaran pers, Minggu (5/7/2015).

Modernisasi Indosat dimulai sejak dua tahun lalu dan diklaim mampu menghasilkan jangkauan lebih luas, kecepatan akses data stabil, dan panggilan suara berdefinisi tinggi. Hingga akhir 2014, Indosat memodernisasi jaringan 42 kota besar dan area sekitarnya atau setara dengan hampir 200 kabupaten/kota.

“Kami juga telah menghadirkan 4G LTE sejak April lalu di Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Bali, dan segera menyusul kota-kota lainnya di seluruh Indonesia,” ucapnya.

Di kota-kota tersebut, Indosat menggelar 4G LTE di pita 900 MHz dengan alokasi spektrum 5 MHz—dari total yang dimiliki 10 MHz. Adapun, di Balikpapan anak usaha Ooredoo itu akan menggunakan pita 1.800 MHz yang diyakini lebih efisien untuk menggelar layanan pita lebar itu.

Fuad mengatakan modernisasi dan aktivasi jaringan 4G LTE di kota-kota besar akan berlanjut sampai akhir tahun ini hingga 2016 mendatang. Dia mengklaim jaringan 4G LTE Indosat menawarkan keunggulan pada kecepatan dan efisien.  

“Pelanggan pun dapat berselancar di Internet dengan lebih cepat dan efisien,” katanya.

Sebelumnya, pada kesempatan terpisah, Kepala Humas Indosat Adrian Prasanto mengatakan perusahaannya belum akan mengutilisasi seluruh alokasi spektrum untuk 4G LTE. Pasalnya, Indosat masih perlu melayani pelanggan 2G baik di pita 900 MHz maupun 1.800 MHz. Di pita 1.800 MHz Indosat memiliki jatah frekuensi 20 MHz.

“Kalau 4G LTE untuk 1.800 MHz kami baru mengalokasikan lebar spektrum 5 MHz atau sama dengan di pita 900 MHz,” ujarnya.

Secara teoritis, lebar pita 5 MHz akan menghasilkan kecepatan data sebesar 36 Mbps. Sementara itu, bila Indosat mengimplementasikan teknologi carrier aggregation maka kecepatan data yang bisa dihasilkan adalah 72 Mbps.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

balikpapan indosat 4g lte 1.800 mhz 900 mhz
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top