KOMPETISI JARINGAN 4 G: Siapkan 56 BTS, XL Manjakan Warga Bandung

Herdi Ardia
Minggu, 22 Maret 2015 | 13:23 WIB
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - Persaingan untuk memberikan layanan terbaik jaringan 4 G membuat XL melakukan sejumlah upaya, termasuk menyediakan 56 BTS untuk memanjakan warga Bandung, Jawa Barat.

Untuk mendukung layanan internet cepat 4G LTE di Bandung, PT XL Axiata Tbk telah menyiapkan 56 BTS 4G yang menjangkau hampir semua pusat keramaian dan aktivitas bisnis, pendidikan, pariwisata, hiburan dan pemerintahan.

Pada Jumat (20/3/2015) lalu, XL Axiata secara resmi meluncurkan layanan 4G LTE di Bandung.

Hadir pada kesempatan itu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kemenkominfo Muhammad Budi Setiawan.

Direktur Service Manajemen XL Ongki Kurniawan mengatakan, secara nasional XL sudah siap dengan jaringan infrastruktur fiber optik sepanjang lebih dari 30.000 kilometer. Terdapat pula 52.000 BTS 2G dan 3G di seluruh Indonesia yang siap diperbarui menjadi 4G.

Ongki mengklaim pihaknya telah melakukan modernisasi seluruh jaringannya, yang dilanjutkan dengan melakukan implementasi transformasi jaringan di beberapa wilayah secara bertahap untuk dapat meningkatkan kualitas layanan.

"Pelanggan bisa mendapatkan layanan 4G secara gratis di Bandung dengan terlebih dahulu menukarkan kartu sim XL ke kartu khusus 4G," katanya, kepada wartawan di Bandung, akhir pekan lalu.

Selain dukungan dalam layanan 4G yang menjangkau hampir seluruh wilayah di Bandung, XL juga akan membantu kalangan pengembang aplikasi lokal untuk mengembangkan bisnis start up mereka dengan memberikan incubation space di XL Office yang dilengkapi dengan koneksi internet cepat serta membantu pemasaran aplikasi buatan anak Bandung lewat Gudang Aplikasi.

Dipilihnya Bandung sebagai target pengembangan jaringan layanan generasi keempat, karena di kota berjuluk Parijs van Java ini terdapat banyak industri kreatif yang menjadi trend setter.

Industri kreatif dari masa ke masa begitu berkembang di kota ini. Selain itu, Bandung menjadi kota dengan pengguna internet terbanyak di Indonesia setelah Jakarta.

"Kami mendukung program Pemkot Bandung untuk membangun industri kreatif yang lebih maju dengan menyediakan layanan internet cepat," kata Ongki.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyambut baik operator yang kembali memanjakan warganya untuk mendapatkan fasilitas internet dengan kecepatan tinggi. Hal ini diyakini akan meningkatkan indeks kebahagiaan warganya.

Menurut dia, warga Bandung merupakan konsumen data internet terbesar kedua setelah Jakarta. Bahkan warganya paling cerewet di media sosial dan menduduki peringkat keenam di dunia.

"Apalagi Pemkot Bandung akan membangun Bandung Teknopolis. Dengan begitu, kami membutuhkan dukungan infrastruktur dari operator selular, termasuk layanan 4G dari XL," kata Emil.

Dirjen Sumber Daya, Perangkat Pos dan Informatika Kemenkominfo Muhammad Budi Setiawan menargetkan pada tahun ini jaringan internet cepat di 1.800 MHz sudah mulai digarap oleh seluruh operator yang ada.

"XL ini menjadi operator yang paling aktif mengajukan permohonan di 1.800 MHz. Kalau sudah dibuka kayanya mereka paling duluan mengajukan," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Herdi Ardia
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper