Mahasiswa Ubaya Ciptakan Komik Digital Legenda Gunung Bromo

News Editor
Rabu, 25 Februari 2015 | 14:07 WIB
Gunung Bromo/Jibi
Gunung Bromo/Jibi
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA - Mahasiswa Universitas Surabaya Rudhi Soegiarto menciptakan komik digital (motion comic) berbasis Android tentang legenda Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

"Saya tertarik dengan legenda Jaka Seger dan Rara Anteng yang disingkat Tengger (nama suku di kawasan Bromo), karena saya memang berasal dari Probolinggo," katanya di kampus Ubaya, Rabu (25/2).

Mahasiswa Program Studi Multimedia pada Fakultas Teknik di Ubaya itu menjelaskan dirinya tertarik mengangkat cerita rakyat ke dalam komik digital agar generasi muda tidak hanya menggemari komik asing, seperti Manga.

"Saya sudah uji coba komik digital Legenda Bromo itu kepada 30-an siswa SMA pada dua sekolah di Surabaya, ternyata mereka suka, apalagi ada unsur animasi (gerak), meski tidak banyak," katanya.

Selain itu, dirinya juga memasukkan beberapa tampilan interaktif, seperti untuk melanjutkan cerita atau membaca teks cerita harus disentuh pada simbol tertentu, lalu ada tombol "Bagian" untuk memilih adegan secara melompat.

"Untuk pengenalan, saya juga menampilkan tombol Bantuan dan Kredit. Tombol Bantuan itu merupakan panduan cara penggunaan aplikasi, sedangkan tombol Kredit untuk profil pembuat cerita," katanya.

Dalam pembuatan motion comic yang menghabiskan waktu tiga bulan pengerjaan itu, Rudhi yang kelahiran Probolinggo pada 1991 itu menggunakan program Adobe Flash.

"Dengan menggunakan format .apk memang tidak semua Android dapat mengakses comic motion buatan saya, karena itu syarat Android adalah RAM minimal 1 giga, prosesor 1,6 giga Hz, serta space memory 60 mega," katanya.

Ditanya rencana komersialisasi karya ciptaannya yang berdurasi 10 menit lebih (16 halaman) itu, ia mengaku belum berpikir ke arah sana, namun peluang ke arah sana sangat memungkinkan.

"Yang jelas, saya memang ingin mempublikasikan cerita rakyat melalui teknologi agar masyarakat tidak hanya datang ke Gunung Bromo, tapi tidak tahu apa-apa atau hanya berdasarkan cerita dari mulut ke mulut, buku cerita, dan film pendek," katanya.

Rudhi mengangkat kisah lahirnya Roro Anteng sampai bertemu Jaka Seger, lalu keduanya menikah dan karena lama tidak dikaruniai anak, maka mereka berdua berdoa kepada Tuhan Yang Mahakuasa untuk dikaruniai anak.

"Dalam doanya, mereka berjanji akan mempersembahkan salah satu keturunannya untuk Gunung Bromo. Anak ke-25 bernama Jaya Kusuma terlahir dengan sangat sempurna dibandingkan dengan saudara lainnya dan mereka harus menepati janji untuk menyerahkan Jaya Kusuma kepada Yang Kuasa," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : News Editor
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper