Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kaji Potensi 5G, Induk Telkomsel Kerja Bareng Ericsson

Ketika Indonesia baru akan memulai teknologi selular generasi keempat (4G), Singapura sudah berancang-ancang mengadopsi 5G.
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 28 Januari 2015  |  12:00 WIB
5G merupakan teknologi potensial yang bisa mendukung kebutuhan komunikasi di masa depan.  - Bisnis.com
5G merupakan teknologi potensial yang bisa mendukung kebutuhan komunikasi di masa depan. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Ketika Indonesia baru akan memulai teknologi selular generasi keempat (4G), Singapura sudah berancang-ancang mengadopsi 5G.

Adalah Singtel, operator terbesar di negeri jiran itu, yang bermimpi menyelanggarakan 5G pada 2020 untuk mendukung visi Singapura sebagai Smart Nation.

Pemilik saham PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) itu pun mengajak Ericsson untuk membentuk tim yang akan mempelajari potensi 5G seperti pada Massive Machine Type Communications (MTC) dan evolusi ke jaringan berbasis cloud.

Chief Technology Officer Singtel Tay Soo Meng dan Regional Head SEA & Oceania Ericsson Sam Baba pun telah menandatangani memorandum of understanding (MOU) untuk kerja sama tersebut belum lama ini.

Tay Soo Meng mengatakan kerja sama itu didasarkan prediksi bahwa 5G merupakan teknologi potensial yang bisa mendukung kebutuhan komunikasi di masa depan.

“Sehingga kami perlu mengeksplorasi, belajar dan juga mengujicobakan teknologi 5G,” katanya dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com, Rabu (28/1/2015).

Sementara itu, Sam Baba mengatakan kemitraan dengan Singtel akan membantu eksplorasi peluang-peluang baru saat 5G marak pada 2020 mendatang. Apalagi, 5G sejalan dengan visi Networked Society dari perusahaan asal Swedia itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsel ericsson 4g singtel 5g
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top