Blusukan Jokowi dan Rini di Universitas Telkom, Inikah Hasilnya?

Samdysara Saragih
Selasa, 13 Januari 2015 | 18:58 WIB
Kunjungan Jokowi ke Bandung/Antara
Kunjungan Jokowi ke Bandung/Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Mariani Soemarno, bersama sejumlah pejabat negara lain melakukan serangkaian kunjungan kerja ke Bandung, Jawa Barat, Senin (12/1/2015).

Salah satu tempat blusukan rombongan Presiden adalah Bandung Techno Park (BTP). Taman teknologi ini dimiliki oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dan berlokasi di Universitas Telkom, Bandung.

Rektor Universitas Telkom Mochamad Ashari mengatakan Presiden melihat beberapa produk unggulan BTP antara lain tiket bus umum berbasis global positioning system, alat deteksi kemacetan lalu lintas berbasis kamera, dan alat bantu militer.

Selain itu, ungkap dia, Jokowi juga melihat demo alat pembakar sampah portabel. Perangkat ini berbahan bakar solar campur air dengan perbandingan 1:3 dan berkapasitas 100 kg/jam.

“Presiden kelihatan tertarik dengan produk ini dan terlihat berbisik ke Menteri BUMN untuk memesan beberapa unit,” katanya kepada Bisnis.com, Selasa (13/1/2015).

Ashari mengklaim tiga unit alat peralatan tersebut telah dipesan perusahaan lain sehingga membuat Jokowi tertarik memilikinya.

100 Taman Tekno

Dalam kesempatan itu, Ashari bercerita pemerintah lantas berencana mendirikan 100 techno park di seluruh Indonesia yang melibatkan perusahaan pelat merah seperti halnya BTP.  

Menurut dia, Presiden mengapresiasi pendirian BTP dan berharap dapat dijadikan model percontohan untuk daerah-daerah lain.

“Pemerintah akan membangun 100 techno park untuk bermacam bidang seperti pertanian dan kelautan. Menurut Menteri BUMN, techno park-techno park tersebut akan di-link dengan BUMN-BUMN sesuai bidangnya,” katanya.

BTP, seperti juga Universitas Telkom, berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT). BTP menjadi andalan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia itu untuk melakukan riset dan pengembangan produk-produk inovatif.

BTP juga diharapkan berperan sebagai inkubator bisnis bagi prototip-prototip produk riset hingga dikomersialkan kepada investor dan diproduksi massal.

Ashari mengklaim BTP sebagai taman teknologi paling lengkap karena terkoneksi dengan kampus dan industri. Telkom, kata dia, akan membangun kawasan serupa di Jakarta, Yogyakarta, dan kawasan Toba, Sumatera Utara.

“Keberadaan techno park akan mengakselerasi perekonomian nasional,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper