Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Blusukan Jokowi dan Rini di Universitas Telkom, Inikah Hasilnya?

Presiden Joko Widodo, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Mariani Soemarno, bersama sejumlah pejabat negara lain melakukan serangkaian kunjungan kerja ke Bandung, Jawa Barat, Senin (12/1/2015).
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 13 Januari 2015  |  18:58 WIB
Kunjungan Jokowi ke Bandung - Antara
Kunjungan Jokowi ke Bandung - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Mariani Soemarno, bersama sejumlah pejabat negara lain melakukan serangkaian kunjungan kerja ke Bandung, Jawa Barat, Senin (12/1/2015).

Salah satu tempat blusukan rombongan Presiden adalah Bandung Techno Park (BTP). Taman teknologi ini dimiliki oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dan berlokasi di Universitas Telkom, Bandung.

Rektor Universitas Telkom Mochamad Ashari mengatakan Presiden melihat beberapa produk unggulan BTP antara lain tiket bus umum berbasis global positioning system, alat deteksi kemacetan lalu lintas berbasis kamera, dan alat bantu militer.

Selain itu, ungkap dia, Jokowi juga melihat demo alat pembakar sampah portabel. Perangkat ini berbahan bakar solar campur air dengan perbandingan 1:3 dan berkapasitas 100 kg/jam.

“Presiden kelihatan tertarik dengan produk ini dan terlihat berbisik ke Menteri BUMN untuk memesan beberapa unit,” katanya kepada Bisnis.com, Selasa (13/1/2015).

Ashari mengklaim tiga unit alat peralatan tersebut telah dipesan perusahaan lain sehingga membuat Jokowi tertarik memilikinya.

100 Taman Tekno

Dalam kesempatan itu, Ashari bercerita pemerintah lantas berencana mendirikan 100 techno park di seluruh Indonesia yang melibatkan perusahaan pelat merah seperti halnya BTP.  

Menurut dia, Presiden mengapresiasi pendirian BTP dan berharap dapat dijadikan model percontohan untuk daerah-daerah lain.

“Pemerintah akan membangun 100 techno park untuk bermacam bidang seperti pertanian dan kelautan. Menurut Menteri BUMN, techno park-techno park tersebut akan di-link dengan BUMN-BUMN sesuai bidangnya,” katanya.

BTP, seperti juga Universitas Telkom, berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT). BTP menjadi andalan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia itu untuk melakukan riset dan pengembangan produk-produk inovatif.

BTP juga diharapkan berperan sebagai inkubator bisnis bagi prototip-prototip produk riset hingga dikomersialkan kepada investor dan diproduksi massal.

Ashari mengklaim BTP sebagai taman teknologi paling lengkap karena terkoneksi dengan kampus dan industri. Telkom, kata dia, akan membangun kawasan serupa di Jakarta, Yogyakarta, dan kawasan Toba, Sumatera Utara.

“Keberadaan techno park akan mengakselerasi perekonomian nasional,” ungkapnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jokowi bumn bandung telkom Rini Soemarno universitas telkom bandung techno park btp
Editor : Bambang Supriyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top