Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pemerintah Luncurkan Portal Data Indonesia

Pemerintah Indonesia meluncurkan Portal Data Indonesia (http://data.id), yang diharapkan akan semakin mendorong keterbukaan data di negara ini.
Giras Pasopati
Giras Pasopati - Bisnis.com 05 September 2014  |  15:24 WIB
Pemerintah Luncurkan Portal Data Indonesia
Data Center - Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Pemerintah Indonesia meluncurkan Portal Data Indonesia (http://data.id), yang diharapkan akan semakin mendorong keterbukaan data di negara ini.

Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto mengatakan portal tersebut diluncurkan bersamaan dengan pencanangan Gerakan Data Terbuka Indonesia. Adapun portal data ini adalah hasil kolaborasi antara dan masyarakat dan UKP4.

“Gerakan Data Terbuka Indonesia ini adalah komitmen pemerintah untuk melibatkan masyarakat dalam menciptakan inovasi-inovasi untuk pembangunan berkelanjutan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (5/9/2014).

Portal Data Indonesia dikembangkan untuk menjawab keinginan publik mendapatkan data resmi pemerintah secara cepat dan mudah. Sampai hari ini, 23 institusi, termasuk dari dua pemerintah daerah pelopor, turut mempublikasikan sekitar 700 set data yang mencakup berbagai topik seperti ekonomi, pendidikan, energi, kesehatan, dan pengadaan.

“Data tersebut disediakan dalam format elektronik yang dapat diunduh secara gratis dan mudah diolah, sehingga masyarakat dapat memanfaatkannya kembali dalam bentuk visual maupun aplikasi yang dibuat oleh pemerintah dan publik,” jelas Kuntoro.

Melalui inisiatif ini, UKP4 berharap jumlah data yang dipublikasikan akan terus bertambah dan terus diperbarui, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memberikan masukan-masukan kepada pemerintah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

portal
Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top