Konten Lokal Utama Ponsel ada pada Rancang Bangun

Dini Hariyanti
Jumat, 11 Juli 2014 | 05:36 WIB
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) telepon seluler tidak hanya dinilai dari jumlah komponen lokal yang terpasang. Perhitungan konten lokal untuk perangkat telekomunikasi harus mencakup design dan engineering.

Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budi Darmadi mengatakan nilai design dan engineering ponsel buatan dalam negeri lebih tinggi daripada pasokan komponen.

“Di dalam design dan engineering ada ada software yang bisa diunduh dan diunggah. Ongkos mikir ini lebih mahal,” tuturnya, di Jakarta, Kamis (10/7/2014).

TKDN merupakan besarnya komponen lokal dalam barang, jasa, serta gabungan keduanya. Produk smartphone buatan domestik dianggap berkonten lokal tinggi karena desain aplikasinnya dirancang SDM dalam negeri.

“Banyak aplikasi buatan Indonesia. Kita punya 200 software house,” ucap Budi.

Misalnya sebuah disket kosong di jaman sekarang mungkin nilainya tak lebih dari Rp5.000. Ketika benda ini berisi software Microsoft original maka nilainya bakal naik berkali lipat. Ini disebabkan adanya unsur kekayaan intelektual dalam pengembangan perangkat lunak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper