KASPERSKY LAB: Trojan Pencuri Uang Asal Rusia Beroperasi di Inggris dan AS

Rezza Aji Pratama
Selasa, 24 Juni 2014 | 08:45 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tim peneliti dari Kaspersky Lab mendeteksi Trojan Svpeng yang menggabungkan malware finansial dengan kemampuan ransomware beroperasi di Amerika Serikat dan Inggris.

Roman Unuchek, Senior Malware Analyst Kaspersky Lab mengatakan Svpeng merupakan trojan mobile pencuri uang yang terkenal di Rusia. Untuk pertama kalinya, malware ini mengalihkan sasaran keluar dari negeri asalnya.

“Sangat sulit untuk mencegah serangan Svpeng berbahasa Inggris jika perangkat mobile tidak memiliki solusi keamanan,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (24/6/2014).

Roman menjelaskan untuk saat ini malware yang dicurigai berasal dari Rusia ini tidak mencuri kredensial tetapi hanyalah masalah waktu sebelum Svpeng melakukan itu. Hal ini karena Svpeng adalah modifikasi dari Trojan terkenal yang beroperasi di Rusia dan digunakan untuk mencuri uang.

Selain itu, kode Trojan tersebut memiliki beberapa penyebutan metode cryptor yang belum digunakan, sehingga kemungkinan besar dalam waktu dekat Trojan ini akan digunakan untuk pengenkripsian file.

Dengan fungsionalitas seperti di atas, Svpeng akan menjadi malware mobile kedua yang paling terkenal setelah Pletor yang muncul pada Mei 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Yusran Yunus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper