Fenomena Langka, Mars Tampak Lebih Besar dan Terang pada 14 April

Sabtu, 12 April 2014 | 21:11 WIB
Bagikan

Bisnis.com, BANGKOK - National Astronomical Research Institute of Thailand (NARIT) melaporkan bahwa Mars akan mencapai posisi terdekat dengan Bumi dalam 7 tahun pada 14 April.

NARIT, lembaga yang berada di bawah Kementerian Ilmu dan Teknologi, mengajak masyarakat mengobservasi fenomena langka itu. 

Deputi Direktur NARIT Saran Posayajinda kepada wartawan mengatakan Mars berada di sisi berlawanan dari Matahari pada 9 April dan akan mendekati Bumi pada jarak paling dekat dalam 7 tahun, sekitar 92,39 juta kilometer, pada 14 April.

Dia mengatakan Planet Merah itu akan terbit dari langit tenggara di Konstelasi Virgo setelah pukul 06.00 PM pada 14 April dan akan tampak lebih besar serta lebih terang dibandingkan dengan bintang lain sampai dengan 15 April pagi.

Karena itu, kata Saranseperti dilaporkan Thai News Agency (TNA) pada Jumat (11/4/2014), Mars bisa dilihat dengan mata telanjang dan mengamati permukaannya melalui teleskop kecil.

Menurut TNA, Mars dan Bum Earth biasanya sejajar dan menjadi lebih dekat setiap 2 tahun. Terakhir kali Mars dekat dengan Bumi terjadi pada 5 Maret 2012 dan setelah 14 April, kejadian serupa baru akan terjadi lagi pada 31 Maret 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis :
Editor :
Sumber : Thai News Agency/Bernama
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper