Saingi Qualcomm dan Samsung, Intel Rilis Prosesor Atom 64 Bit

Lukas Hendra TM
Selasa, 25 Februari 2014 | 16:20 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Intel meluncurkan prosesor Atom baru untuk smartphone yang dapat menjalankan sistem operasi mobile 64bit yang memiliki chip LTE-Advanced. Prosesor ini diklaim memiliki kemajuan pesat di pasar smartphone.

Intel juga mengumumkan perjanjian jangka panjang dengan Lenovo , Asus, dan Foxconn untuk mengembangkan perangkat mobile yang menggunakan chip baru tersebut.

Sekadar informasi, Lenovo dan Asus telah bermitra erat dengan Intel di pasar PC  dan keduanya juga telah memperkenalkan tablet dengan chip Intel di dalamnya.

Penguasa pasar prosesor PC itu, Intel akan bekerja sama dengan Foxconn untuk mendorong ketersediaan perangkat berkualitas tinggi berupa tablet Android berbasis Intel dengan harga  terjangkau yang diprediksi akan dirilis pada tahun ini.

"Kami telah membuat kemajuan yang signifikan dalam komputasi mobile kami, " kata Presiden Intel Renee James selama konferensi pers Intel di Mobile World Congress yang berlangsung di Barcelona Spanyol, Selasa (25/2/2014).

Intel mendominasi pasar untuk chip PC dan server, tetapi telah berjuang di pasar smartphone. Padahal pasar ini dikuasai oleh perusahaan seperti Qualcomm dan Samsung Electronics.

Intel berharap prosesor baru 64-bit Atom dengan nama kode Merrifield dan Z3480, akan mendongkrak pasar smartphone mereka sehingga dapat menarik para developer smartphone.

Chip 64 bit memungkinkan proses yang lebih cepat. Tak tanggung, Intel mematok produknya yang dapat berjalan pada kecepatan 2,13 GHz. Chip ini memiliki ukuran 22 nanometer.

Perusahaan mencatat chip ini menggunakan fitur baru Intel Integrated Sensor Solution,  yang mengelola data sensor bahkan ketika perangkat dalam keadaan daya rendah.

Sementara itu, selama pameran berlangsung, Intel juga memboicorkan rencana perusahaan untuk mengembangkan prosesor 64-bit generasi berikutnya yang diberi nama CODEC Moorefield. Namun, chip ini baru akan dikembangkan pada kuartal kedua 2014 yang akan memiliki kecepatan komputasi hingga 2,3GHz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Lukas Hendra TM
Editor :
Sumber : cnet
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper