Wow, Pensil Bisa Jadi Stylus di Sony Xperia Z Ultra

Lukas Hendra TM
Jumat, 21 Februari 2014 | 17:55 WIB
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda pengguna Sony Xperia Z Ultra, kini semakin dimanjakan dengan dibukanya salah satu fungsi tersembunyi dari device tersebut oleh salah satu developer Android sehingga tak perlu mengganti device bila ingin mendapatkan pengalaman stylus pada perangkat Anda.

Kini Anda cukup menggunakan pensil atau pulpen.  Bahkan cukup dengan sebuah benda yang menurut Anda nyaman untuk digunakan asalkan benda tersebut terbuat dari logam, kayu atau timah.

Memang, salah satu fungsi yang menarik dari Sony Xperia Z Ultra adalah kemampuannya untuk bereaksi terhadap pena dan pensil biasa mirip kinerja jarum pada piringan hitam.

Banyak pihak berpendapat penggunaan pena atau pensil biasa dapat menggaruk dan merusak layar ponsel Anda. Namun, fungsi inilah yang justru menjadi faktor pembeda unik dari phablets (phone tablet) Sony Xperia Z Ultra dan Sony Xperia Z1.

Hanya saja, selama ini fungsi tersebut dinonaktifkan oleh Sony untuk beberapa alasan yang belum diketahui oleh para developer Android. Salah seorang developer Android, RyokoN yang menjabat Senior Member di XDA Developer berhasil mengaktifkan fungsi tersebut dan diimplementasikan pada AOKP ROM dan bahkan firmware resmi.

Namun, Anda wajib mengedit hw_config.sh , atau membuat sendiri skrip init.d dengan baris kode yang diberikan oleh RyokoN. Jangan khawatir jika ini kode tersebut agak terlalu singkat dan tidak lengkap. RyokoN telah memberikan semua langkah dan informasi yang diperlukan untuk mendapatkan mod yang sederhana dan berjalan.

Bila Anda ingin mencoba, berikut link nya:

http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2652762

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper