Bangun Serap Optik di Papua, Telkom (TLKM) Investasi S$71,1 Juta

Wiwiek Endah
Sabtu, 23 November 2013 | 10:12 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAYAPURA - PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk hari ini (23/11/2013) melakukan peletakan batu pertama (groun breaking) proyek pembangunan serat optik Papua Cable System.

Dirut Telkom Arief Yahya mengatakan proyek PCS merupakan bagian dari komitmen perseroan untuk menghadirkan konektivitas di wilayah Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Sekaligus juga wujud nyata perseroan dalam menjalankan program Indonesia Digital Network 2015 dan mendukung program MP3EI.

“Telkom berkomitmen melalui pembangunan infrastruktur ini akan meningkatkan konektivitas layanan di Indonesia, khususnya kawasan timur, sehingga penyebaran informasi kepada masyarakat dapat diperoleh secara merata,” katanya.

Ground breaking dilakukan oleh Menko Perekonomian RI Hatta Rajasa, didampingi oleh Gubernur Papua Lukas Enembe dan Gubernur Papua Barat Abraham Octavianus Atururi.

Telkom menggandeng NEC Corporation dalam mengerjakan proyek PCS ini. Perusahaan asal Jepang itu berperan sebagai vendor jaringan yang membangun infrastruktur serat optik.

Panjang kabel yang terbentang pada proyek ini mencapai 2.000 km, meliputi kabel darat dan laut.

Proyek PCS ini terdiri dari dua bagian, yakni pembangunan serat optik di kawasan Papua bagian utara dengan rute Sorong-Manokwari-Biak hingga Jayapura. Sementara kawasan Papua bagian selatan meliputi rute Fakfak-Kaimana hingga Timika.

Dengan nilai investasi sebesar US$71,1 juta, pembangunan serat optik PCS ini ditargetkan selesai dan segera beroperasi pada November-Desember 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Wiwiek Endah
Editor : Yusran Yunus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper