Rakuten Rambah Bisnis Logistik dan Keuangan

Galih Kurniawan
Rabu, 13 November 2013 | 18:54 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rakuten Inc berencana mengembangkan layanan transaksi keuangan online dan sistem logistik di Indonesia sebagai pelengkap bisnis ecommerce yang sudah mereka jalankan dalam beberapa tahun terakhir.

“Ini adalah pengembangan fase kedua bisnis kami di Indonesia. Kami sudah berbicara dengan sejumlah perusahaan logistik,” ujar Ryota Inaba, Presiden Direktur dan CEO PT Rakuten Belanja Online Ryota Inaba di Jakarta hari ini, Rabu (13/11/2013).

Dia menyebutkan layanan logistik merupakan hal krusial dalam bisnis ecommerce. Dia meyakini ketersediaan layanan ini membantu interaksi merchant dan pengguna yang lebih baik. Meski begitu dia enggan menjelaskan apa bentuk kerja sama layanan tersebut nantinya.

Saat ini Rakuten sudah menjalin kerja sama denan perusahaan logistik Caraka Group. Namun kerja sama itu dilakukan dalam rangka corporate social responsilibility. Melalui kerja sama itu Caraka menangani pengiriman barang ke Wamena, Papua.

“Caraka ity hanya CSR [corporate social responsibilty], karena sebenarnya mengirim barang ke sana butuh biaya besar,” ujar Ryota.

Layanan finansial yang akan digarap Rakuten ke depan sampai saat ini juga masih dalam pembahasan, termasuk dengan sejumlah perusahaan payment gateway yang beroperasi di Tanah Air. Ryota menyebutkan layanan tersebut masih perlu dimatangkan lantaran regulasi Pemerintah Indonesia yang cukup ketat di bidang ini.

Namun dia menegaskan layanan itu juga akan mencakup sistem transaksi online maupun melalui mobile meski tidak melalui platform aplikasi tertentu. Menurutnya Indonesia merupakan salah satu negara dengan kasus fraud cukup banyak sehingga dibutuhkan sistem yang tepat dan aman.

“Saya kira itu semua juga penting untuk membangun ekosistem ecommerce di Indonesia, tidak hanya untuk bisnis kami,” katanya.

Dia tidak menampik bisnis kondisi ekonomi global saat ini tidaklah sebaik tahun-tahun sebelumnya. Namun dia meyakini ecommerce adalah salah satu sektor yang kebal terhadap goncangan seperti itu. Dia berharap Pemerintah Indonesia juga menyediakan fasilitas melalui regulasi yang mendukung bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Galih Kurniawan
Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper