Ini Tips Memulai Bisnis e-Commerce

Deliana Pradhita Sari
Sabtu, 2 November 2013 | 19:42 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Istilah e-Commerce sekarang mulai marak di telinga, seiring bisnis penjualan yang heboh lewat Internet. E-commerce merupakan istilah yang berarti penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, televisi atau jaringan komputer lainnya.

E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Salah satu platform penjualan lewat media elektronik di Indonesia adalah Shopify. Shopify menawarkan jasa bagi para penjual yang ingin mulai berusaha di sistem penjualan online.

Shopify dapat mengakomodasi kebutuhan penjual mulai dari pembuatan server, keamanan server dan kemudahan akses. Namun proses penjualan dilakukan sendiri oleh pihak penjual.

"Ada 5 kunci elemen e-commerce yang harus diperhatikan oleh para penjual, yaitu permintaan, konektivitas, logistik, cara pembayaran dan teknologi, kata Brandon Lho, Head Development Shopify pada acara seminar e-commerce bertajuk Grow Your Bussines with Shopify, Sabtu (2/11).

Dia menambahkan barang yang dijual harus sesuai permintaan pasar. Apa yang sedang hits di pasar, biasanya itu yang banyak dicari.

Konektivitas mengacu kepada telepon pintar macam Blackberry, android, windows 8 dan lainnya yang mampu memudahkan penjual mengontrol bisnisnya lewat telepon genggam.

Logistik berhubungan dengan pemesanan dan pengiriman. Kali ini Shopify menggandeng Doku sebagai agen logistik yang menerima jasa antar barang.

Pembayaran juga harus transparan antara penjual dan pembeli. Hal ini harus didukung dengan teknologi yang canggih untuk memperlancar jalannya bisnis e-commerce ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper