Rupiah Terpuruk, Pengiriman PC ke RI Anjlok 6,2%

Thomas Mola
Selasa, 29 Oktober 2013 | 19:03 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS telah menyebabkan penurunan angka pengiriman personal computer (PC) pada kuartal II/ 2013.

Pengiriman PC turun 6,2% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Walaupun mengalami penurunan, secara volume pengiriman PC pada kuartal II/2013 lebih tinggi 3,8% dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya.

Client Devices Market Analyst  International Data Corporation (IDC) Indonesia, Deddie Sionader, mengatakan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sangat mempengaruhi pengiriman PC. Selain itu terjadi peralihan konsumen untuk memilih tablet yang umumnya lebih murah dari PC.
 
"Pada awal kuartal II, pasar PC Indonesia mulai membaik. Namun, titik balik terjadi ketika nilai rupiah mulai melemah terhadap dolar AS," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis (29/10).

Deddie mengatakan sejalan dengan menurunnya permintaan PC karena melemahnya nilai rupiah, para penjual terpaksa menaikkan harga jual untuk notebook dan desktop supaya bisnis tetap bertahan.
 
Di sisi lain, kehadiran tablet berhasil menjadi alternatif pilihan bagi konsumen. Pasalnya, tablet hadir dengan beragam inovasi dan harga yang terjangkau.
 
IDC memprediksi  pasar PC Indonesia ke depan akan semakin sulit karena situasi makro ekonomi yang belum menentu. Kebijakan pemerintah akan sangat berdampak terhadap pertumbuhan penjualan PC baik bagi konsumen maupun komersial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Thomas Mola
Editor : Yusran Yunus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper