Internet Governance Forum: Traffic Telkomsel Melonjak 319%

Galih Kurniawan
Kamis, 24 Oktober 2013 | 17:32 WIB
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR - Penyelenggaraan Internet Governance Forum (IGF) di Bali pada 22-24 Oktober telah mendongkrak traffic Telkomsel hingga 319% dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

Telkomsel menyebutkan selama tiga hari pertama berlangsungnya forum tata kelola internet tersebut, penggunaan layanan data mereka di kawasan Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) rata-rata sebesar 2.032 megabyte setiap hari.

Jumlah itu tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan traffic pada hari normal yang berkisar 485 megabyte per hari. Selain pada layanan data, kenaikan traffic juga terjadi untuk layanan suara. Tercatat rata-rata traffic layanan suara mencapai 268 erlang setiap hari atau meningkat 98% dibandingkan dengan trafik pada hari normal sebesar 135 erlang.

“Kami terus memonitor kualitas jaringan, baik untuk layanan suara maupun koneksi layanan data,” ujar GM ICT Operation Telkomsel Regional Bali Nusra, Ganot Sunoto.

Dia mengklaim indikator kualitas layanan Telkomsel di lokasi acara selama tiga hari terakhir menunjukkan angka di atas standar kualitas yang ditetapkan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Data success rate mencapai angka 99,82% sedangkan kualitas layanan suara yang diukur berdasarkan call setup success rate (CSSR) menunjukkan angka 99,85%. Adapun call completion success rate (CCSR) tercatat sebesar 99,93%.

Ganot mengatakan Telkomsel telah meningkatkan kapasitas jaringan di BNDCC hingga lima kali lipat dari biasanya. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan traffic karena banyaknya peserta yang datang ke ajang IGF 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Galih Kurniawan
Editor : Yusran Yunus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper