Merger XL dan Axis, Kominfo Diharapkan Segera Rampungkan Pembahasan

Thomas Mola
Sabtu, 28 September 2013 | 05:26 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Pengamat industri komunisaksi dan Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk segera merampungkan pembahasan spektrum dan persaingan usaha. Mereka menilai merger XL dan Axis akan berdampak pada perbaikan kualitas layanan operator kepada masyarakat.

Ketua Mastel Setyanto P. Santosa mengatakan merger XL dan Axis akan berdampak pada persaingan sehat di bidang telekomunikasi. Pasalnya, dengan berkurangannya jumlah operator maka kualitas pelayanan diharapkan bakal semakin baik.

 “Seperti kita ketahui saat ini pelayanan operator menurut saya buruk sekali, kalau jumlahnya dipangkas maka kualitas dan persaingan akan lebih baik. Pemerintah dengan segala pertimbangannya diharapkan segera memutuskan terkait frekuensi dan persaingan usaha. KPPU juga demikian dan saya harapkan segera selesai,” ujar Setyanto kepada Bisnis, Jumat (27/9/2013)

 Menurutnya, XL bakal menjadi operator nomor dua setelah Telkomsel sehingga persaingan akan lebih berimbang. Telkomsel menurutnya harus siap bersaing dengan XL khususnya dari kualitas pelayanan dan jaringan. “Saya harapkan hasil pembahasan pemerintah dan juga KPPU akan berdampak baik untuk niaga telekomunikasi,” ujarnya.

 Dihubungi secara terpisah pengamat telekomunikasi Teguh Prasetya mengatakan merger XL dan Axis memiliki dampak baik bagi XL dan Axis. Layanan dan jaringan XL akan menjangkau lebih banyak pelanggan dengan kualitas yang lebih baik.

Yang diincar Xl kan frekuensi, tanpa frekuensi Axis tidak berarti apa-apa. Dengan frekuensi itu coverage layanan akan semakin baik, yang sebelumnya bolong-bolong kita harapkan tidak lagi terjadi,” ujarnya.

Teguh mengatakan jika XL jadi mengambalikan salah blok frekuensi tidak akan berdampak banyak karena akan XL dapat saja mengikuti tender lagi untuk memperebutkan frekuensi tersebut.

Sementara itu pihak Axis melalui pesan pendek yang dikirimkan Head of Corporate Communication Anita Avianty mewakili Presiden Direktur dan COE Axis Erik Aas mengatakan industri seluler Indonesia telah siap untuk melakukan konsolidasi.

Axis telah mendorong inovasi dan layanan mobile Internet, konsolidasi ini setelah mendapat persetujuan pemerintah akan menciptakan perusahaan yang kuat. Kami akan tetap melayani pelanggan dengan kualitas pelayanan yang tinggi,” tulis Anita.

Sebelumnya, Kominfo telah membentuk tiga tim untuk membahas terkait merger XL dan Axis. Tiga tim itu membahas alokasi frekuensi, persaingan usaha, dan potensi monopoli. Hasil kajian itu dijadwalkan selesai pada akhir bulan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Thomas Mola
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper