Verizon Akuisisi 45% Saham Vodafone US$130 Miliar

John Andhi Oktaveri
Selasa, 3 September 2013 | 08:58 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Verizon Communications Inc. sepakat membeli 45% saham Vodafone Group Plc (VOD) di Verizon Wireless senilai US$130 miliar sehingga menguasai penuh operator telepon seluler itu melalui akuisisi terbesar dalam kurun lebih dari satu dekade.  

Transksi itu, yang diupayakan oleh Verizon sejak 2004, meliputi nilai total Verizon Wireless senilai hampir US$290 miliar. Nilai itu lebih besar dari kapitalisasi pasar Google Inc. atau produk domestik bruto negara Singapura.

Perusahaan nirkabel tersebut menghasilkan pendapatan operasi per tahun senilai US$21,8 miliar. Pendapatan tersebut sekarang masuk ke pundi-pundi perusahaan Verizon sehingga bisa membiayai lebih banyak investasi jaringan untuk meningkatkan daya saing. 

“Meski Amerika Serikat telah terbukti berperan penting mendukung Vodafone dalam menghidupkan jaringan bisnisnya di Eropa, kami selalu percaya bahwa harga yang dipatok pasar AS sangat menguntungkan perusahaan itu,” ujar Kester Mann, seorang analis pada CCS Insight sebagaimana dikutip Bloomberg, Selasa (3/9/2013).

Dia menambahkan selain memberikan keuntungan besar bagi para pemegang saham Vodafone, transaksi itu memungkinkan perusahaan Inggris itu meningkatkan kinerjanya yang selama ini dinilai kurang bagus di Eropa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Bloomberg
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper