Mahasiswa Harvard Ciptakan Speaker Transparan dari Gel

Galih Kurniawan
Minggu, 1 September 2013 | 02:01 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Dua mahasiswa pascasarjana Harvard School of Engineering and Applied Sciences ini memang jenius. Mereka berhasil menciptakan speaker transaparan berbahan gel dan karet.

Perangkat tersebut terdiri dari dua lapisan gel air garam yang menutupi bahan karet lainnya. Saat listrik dengan voltase tertentu disalurkan melalui gel, maka karet akan berkontraksi dan bergetar. Bahan tersebut dapat memainkan musik dalam sebuah video.

Speaker transparan yang dibuat oleh Jeong-Yun Sun dan Christoph Keplinger itu dapat menghasilkan suara dengan spektrum antara 20Hz hingga 20KHz yang dapat didengar manusia. 

Umumnya speaker menggunakan konduktor berbahan logam seperti tembaga. Namun Sun dan Keplinger menggunakan konduktor berbasis ion yang lebih fleksibel.

Konduktor ini mengantarkan ion dari satu lokasi ke lokasi lain di dalam struktur sehingga dapat direntangkan tanpa mengganggu transmisi.

Hal ini sekaligus membuktikan bahwa konduktor berbasis ion akan menjadi salah satu alternatif teknologi elektronik di masa depan.

Konduktor semacam ini sebenarnya bukan penemuan baru. Namun belum banyak ilmuwan yang bisa memilahnya dalam kondisi listrik bertengangan tinggi. Para mahasiswa Harvard ini berhasil mencegah reaksi kimia saat listrik disalurkan ke bahan. 

“Ini dapat digunakan ke berbagai perangkat elektronik di masa depan, kami mengadopsi teknologi soft machine yang ditawarkan oleh ilmu biologi,” kata Keplinger seperti dilansir The Verge, Sabtu (31/8/2013).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Galih Kurniawan
Editor :
Sumber : The Verge
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper