Telkomsel Antisipasi Lonjakan Trafik di Kalimantan Selama Lebaran

Rachmad Subiyanto
Senin, 5 Agustus 2013 | 16:42 WIB
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Telkomsel memperkirakan lonjakan trafik terjadi pada H-1 hingga H+1 Lebaran hingga 15% untuk pesan teks (SMS), 17% untuk voice dan data sekitar 16% dibandingkan dengan hari biasa.

General Manager Sales & Customer Care Kalimantan Mujiatno mengatakan lonjakan tersebut telah diantisipasi agar tidak mengganggu layanan kepada pelanggan. Berdasarkan perkiraan tersebut, pihaknya mempersiapkan alokasi untuk antisipasi lebih besar dibandingkan dengan proyeksi kenaikan yang telah dihitung.

"Untuk layanan SMS dan voice, kami tingkatkan menjadi 20% kapasitasnya. Adapun untuk data, kami justru menghitung ada peningkatan kebutuhan sampai 100%," ujarnya dalam jumpa pers, Senin (5/8/2013).

Pihaknya juga telah menyediakan 12 mobile combat untuk menambah kapasitas BTS baik untuk layanan SMS, data, maupun voice. Mobile combat tersebut disebar di seluruh provinsi di Kalimantan dengan rincian 6 unit di Kaltim, dan sisanya masing-masing 2 unit di tiap provinsi lainnya.

Menurut GM ICT Network Operation Kalimantan Ardhiono Trilaksono yang disampaikan oleh Head of Network Service Balikpapan Department, pihaknya telah mengoperasikan lebih dari 5.750 BTS yang terdiri dari 3.613 BTS 2G dan 2.137 BTS 3G. Rencananya, akan ada penambahan 1.700 BTS 2G dan 3G di seluruh Kalimantan.

"Lebaran ini menjadi semacam tes bagi kami. Kalau tidak ada masalah berarti, biasanya bulan sisa juga tidak ada masalah," katanya.

Selain itu, Telkomsel membuka 22 posko layanan Telkomsel Siaga di beberapa titik di Kalimantan seperti bandara, pelabuhan, terminal, tempat wisata dan pusat perbelanjaan.

Head of Service Management Telkomsel Kalimantan Department Wildan Sukri mengatakan program ini secara berkesinambungan digelar setiap tahun untuk membantu kelancaran arus mudik. Semua posko tersebut, mulai beroperasi sejak H-7 sampai H+7.

"Pelanggan dapat membeli kartu perdana, voucher isi ulang, serta informasi layanan yang dibutuhkan pelanggan," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mengoperasikan 28 kanator cabang Siaga yang dikelola oleh mitra distributor resmi serta ratusan gerai Siaga.

Mujiatno menyebutkan pihaknya telah meningkatkan distribusi produk perdana sebesar 140% dan ketersediaan pulsa hingga 190% pada awal Agustus 2013. Penambahan itu telah didistribusikan pada pertengahan Juli untuk mengantisipasi kendala dalam proses pengiriman produk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor :
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper