Akamai: Inilah 20 Negara Dengan Akses Internet Tercepat

Fatkhul-nonaktif
Rabu, 24 Juli 2013 | 14:47 WIB
Bagikan

getty-image

Bisnis.com, JAKARTA – Akamai Technologies—perusahaan penyedia jaringan server internet, kembali meluncurkan daftar 20 negara dengan akses koneksi internet tercepat di dunia.

Peringkat 20 negara dengan akses konensi internet tercepat ini diukur berdasarkan kinerja masing – masing negara pada periode Januari sampai Maret 2013.

Amerika Serikat dilaporkan menjadi salah satu negara dengan koneksi broadband tercepat. Akan tetapi, menurut perusahaan yang berbasis di Massacussetts ini, negara berteknologi tinggi tersebut masih belum memecahkan peringkat 10 teratas.

AS menempati peringkat 11 dalam daftar 20 negara paling top dalam hal koneksi internet. Negara ini memiliki daratan besar yang membuatnya sulit untuk meliputi sepenuhnya dengan serat akses berkecepatan tinggi.

Berikut ini adalah daftar 20 negara dengan akses koneksi internet tercepat.

 

20. Taiwan

Basis raksasa teknologi global HTC dan Foxconn Technology Group ini menempati peringkat paling bontot dalam daftar 20 negara dengan akses koneksi internet tercepat selama triwulan pertama 2013.

Akamai Technologies melaporkan Taiwan memiliki kecepatan akses internet 31,3 megabit per detik. Adapun kecepatan rata-rata akses internet di tingkat global adalah 18,4 Mbps.

Kecepatan akses internet Taiwan tersebut meningkat 7% dibandingkan dengan capaian pada triwulan sebelumnya.

20. Spanyol

Negeri matador ini berada pada peringkat yang sama dengan Taiwan, yakni nomor 20. Kecepatan akses internet di Spanyol meningkat 14% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya menjadi 31,3 megabit per detik.

Rata-rata kecepatan akses internet global adalah 18,4 Mbps.

Spanyol, yang menghadapi masalah pengangguran akut tersebut justru mencatat pertumbuhan signifikan di sektor industri tinggi di beberapa kawasan, seperti Malaga.

Daerah terpencil ini tak hanya dikenal sebagai kawasan wisata yang memiliki pantai yang cantik, tetapi juga sebagai tempat bertumbuhnya hampir 600 perusahaan yang berbasis teknologi.

19. Polandia

Negara di Eropa Timur ini mencatat kemajuan tingkat kecepatan akses internet 17% dibandingkan dengan kecepatan rata-rata pada kuartal sebelumnya. Faktor ini yang menopang Polandia mencatat kenaikan peringat dalam daftar 20 negara dengan akses internet tercepat.

Kecepatan akses internet rata-rata di Polandia adalah 32,2 megabit per detik, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kecepatan rata-rata di tingkat global yang hanya 18,4 Mbps.

18. Kanada

BlackBerry bisa saja tertinggal dari pesaingnya, akan tetapi koneksi broadband Kanada tercatat memiliki kecepatan yang membanggakan.

Kecepatan rata-rata akses internet di negeri meningkat 13% dari tingkat rata-rata pada kuartal sebelumnya menjadi 34,2 megabit per detik, jauh di atas rata-rata global yang sebesar 18,4 Mbps.

Akses yang lebih cepat di negara itu adalah kabar baik untuk Geeks, yang dijauhkan dari Silicon Valley oleh Pemerintah Kanada.

17. Portugal

Portugal merupakan salah satu dari 50 negara yang paling inovatif. Namun, negara ini hanya mencatat kenaikan terkecil dalam kecepatan akses broadband, yakni hanya 7% dibandingkan dengan kecepatan rata-rata pada kwartal sebelumnya.

Namun, Portugal masih tercatat sebagai negara dengan akses internet tercepat ke-17 di dunia.

Portugal memiliki kecepatan puncak rata-rata akses internet 34,5 megabit per detik, dibandingkan dengan rata-rata global sebesar 18,4 Mbps.

16. SWEDIA

Tanah air Mojang, sang pembuat game hit Minecraft, ini mencatat peningkatan kecepatan akses broadband tertinggi, yakni naik19% dari kuartal sebelumnya. Ini merupakan kenaikan tertinggi di antara 23 negara.

Dibandingkan dengan rata-rata global sebesar 18,4% per detik, kecepatan puncak negara itu sekitar 34,9 Mbps.

Itu kabar baik bagi masyarakat Swedia yang tidak bisa melepaskan diri dari aktivitas game adiktif.

15. REPUBLIK CEKO

Akamai Technologies mencatat kecepatan rata-rata akses internet untuk Republik Ceko mencapai 35,5 megabit per detik, dibandingkan dengan rata-rata global sebesar 18,4 Mbps.

Kecepatan rata-rata negara tersebut meningkat 11% dibandingkan capaian pada triwulan sebelumnya, atau 45% lebih cepat dibandingkan dengan tingkat kecepatan akses broadband rata-rata tahun lalu.

13. ISRAEL

Israel mencatat peningkatan kecepatan akses koneksi internetnya pada triwulan pertama 2013, yakni naik 10% dibandingkan dengan kuartal kecepatan akses internet pada kwartal sebelumnya.

Kecepatan akses internet Isral tercatat 35,9 megabit per detik, hampir dua kali lipat rata-rata global sebesar 18,4 Mbps.

Profil teknologi tinggi negara itu meningkat baru-baru ini ketika Waze, yang merupakan startup software peta berbasis di sini, diakuisisi oleh Google.

13. HONGARIA

Hongaria berada dalam peringkat yang sama dengan Israel di posisi ke-13 negara dengan akses internet tercepat, yakni 35,9 megabit per detik.

Kecepatan akses internet rata-rata di Hongaria tersebut meningkat 12% dibandingkan triwulan sebelumnya. Sementara itu, rata-rata kecepatan akses internet global adalah 18,4 Mbps.

Akses broadband yang cepat di negara itu akan memudahkan bagi warga untuk streaming video online, seperti seratus ribu-plus tutorial YouTube tentang cara untuk memecahkan kubus Rubik, yang ditemukan oleh Hungaria Erno Rubik.

12. INGGRIS RAYA

Ketika hub startup di London dikenal sebagai City Tech itu mendapat perhatian, kawasan ini masih tertinggal jauh di belakang kesuksesan Silicon Valley. Akan tetapi, Inggris adalah negara yang jauh lebih bagus dari Amerika Serikat untuk kecepatan akses internetnya.

Inggris mencatat kecepatan rata-rata puncak akses internetnya mencapai 36,3 megabit per detik, hampir dua kali lipat rata-rata global dan hampir bahkan dengan AS.

Kecepatan internet rata-rata Inggris tersebut meningkat 12% dibandingkan triwulan sebelumnya dan mengesankan 53% lebih cepat dari tahun lalu.

11. AMERIKA SERIKAT

Enam bulan lalu, sebelumnya laporan terbaru ini diturunkan Akamai 6 bulan lalu, Amerika Serikat dilaporkan berada pada peringkat 14 negara dengan akses internet paling cepat.

Namun, sejak saat itu, kecepatan akses internet di AS terus meningkat sehingga negara ini naik peringkat ke posisi 10 besar. Bagaimana pun, Amerika Serikat belum bisa meraih target 10 besar.

Rata-rata kecepatan puncak di AS meningkat 11% dari kuartal sebelumnya menjadi 36,6 megabit per detik, hampir dua kali lipat rata-rata global.

10. BELGIA

Dalam laporan sebelumnya, Belgia berada di peringkat 6 dalam kecepatan puncak rata-rata. Meskipun koneksi tercepat di negara itu meningkat 14% dari kuartal sebelumnya, itu masih tidak cukup untuk itu untuk mengimbangi negara-negara lain.

Belgia turun empat peringkat pada daftar negara tercepat dalam akses internet. Saat ini, kecepatan puncak rata-rata Belgia tercatat 38 megabit per detik, yang lebih dari dua kali lipat rata-rata global sebesar 18,4 Mbps.

9. BELANDA

Belanda yang pada laporan sebelumnya tidak masuk 10 negara dengan akses internet tercepat, kali ini dilaporkan berhasil melejit ke posisi 9.

Belanda mencatat puncak kecepatan broadband rata-rata 38,2 megabit per detik, lebih dari dua kali lipat rata-rata global sebesar 18,4 Mbps.

Belanda peningkatan kecepatan akses internet puncaknya sebesar 15%, dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

8. BULGARIA

Bulgaria, yang dikenal sebagai negara dengan kebijakan pajak rendah dan tenaga kerja murah, mampu mempertahankan peringkat 8 negara dengan akses intenet tercepat yang telah diraih dalam laporan sebelumnya.

Bulgaria memiliki akses internet dengan puncak kecepatan rata-rata 38,2 megabit per detik, naik 14% dari level kuartal sebelumnya.

Tingkat kecepatan akses internet Bulgaria lebih dari dua kali rata-rata global.

7. SWISS

Swiss yang merupakan pusat industri keuangan dunia itu memang dituntut memiliki koneksi digital super cepat.

Ya, negara ini tercatat memiliki puncak kecepatan internet rata-rata 40,3 megabit per detik, dengan mudah menggandakan rata-rata global sebesar 18,4 Mbps.

Kecepatan tertinggi akses internet negara adalah 12% lebih cepat dibandingkan triwulan sebelumnya dan 41 persen lebih cepat dari tahun lalu.

6. SINGAPURA

Ketika datang ke tempat-tempat dengan akses internet cepat, pendiri Facebook Eduardo Saverin memilih negara yang memiliki akses yang baik untuk menelepon dari rumah barunya.

Singapura memiliki kecepatan puncak rata-rata 41,1 megabit per detik, lebih dari dua kali rata-rata global sebesar 18,4 Mbps.

Kecepatan tertinggi negara adalah 9% lebih cepat dibandingkan triwulan sebelumnya dan 43% lebih cepat dari tahun lalu.

5. LATVIA

Negara-negara yang lebih kecil akan lebih mudah untuk terhubung dengan Internet kecepatan tinggi, yang merupakan salah satu alasan mengapa Latvia konsisten peringkat tinggi pada daftar ini.

Puncak kecepatan broadband rata-rata Latvia adalah 44,2 megabit per detik, sekitar 140% lebih cepat dari rata-rata global.

4. KOREA SELATAN

PC gamer yang serius ingin mendominasi dalam StarCraft itu membutuhkan koneksi internet yang cepat, dan rendah masalah. Mereka pasti akan menemukan bahwa di Korea Selatan, rumah bagi raksasa elektronik konsumen Samsung dan LG.

Puncak rata-rata di negara itu mencapai 44,8 megabit per detik, sekitar 143% lebih cepat dari rata-rata global.

Rata-rata negara itu tumbuh 2% dari kuartal sebelumnya dan merupakan satu-satunya wilayah pada daftar untuk kehilangan kecepatan dibandingkan dengan tahun lalu, jatuh 6%.

3. RUMANIA

Saat pertama kali survei, Rumania langsung menempati peringkat 5 negara dengan akses internet tercepat. Namun, setelah itu Rumania menjadi satu–satunya negara yang menderita penurunan kecepatan akses internet dari capaian pada kwartal sebelumnya.

Kini, Rumania sekarang kembali ke jalur, dan telah mengangkat dirinya peringkat 3 dengan kecepatan puncak rata-rata 47,9 megabit per detik.

Dibandingkan dengan kecepatan rata-rata pada triwulan sebelumnya, capaian Rumania kali ini naik 9%. Sementara itu dibandingkan dengan kecepatan rata-rata secara global, akses internet Rumania lebih bagus 160%.

2. JEPANG

Negara yang merupakan basis Nintendo dan Sony ini berada di peringkat 2 negara dengan koneksi internet tercepat dunia. Hal ini berkat dukungan infrastruktur serat optik yang menjalar ke semua negara kepulauan tersebut.

Puncak kecepatan broadband rata-rata Jepang mencapai tingkat yang mengesankan, yakni 50 megabit per detik. Kecepatan koneksi ini berarti lebih tinggi 170% dari rata-rata global.

1. HONG KONG

Hong Kong yang merupakan kawasan super padat ini mempertahankan dominasinya sebagai jawara sebagai negara dengan koneksi internet paling cepat sejagad.

Kecepatan puncak rata-rata Hong Kong sangat mengesankan, mencapai 63,6 megabit per detik, atau lebih tiga kali lipat dari rata-rata global sebesar 18,4 Mbps.

Kecepatan rata-rata akses internet Hong Kong naik 9% dibandingkan dengan capaian pada triwulan sebelumnya, dan lebih tinggi 29% dibandingkan dengan tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Fatkhul-nonaktif
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bloomberg
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper