Visualisasi Penggunaan Twitter Menunjukkan Sebaran Smartphone di Jakarta

Demis Rizky Gosta
Selasa, 16 Juli 2013 | 16:14 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Peta yang disusun berdasarkan data lokasi pengaksesan Twitter menunjukkan sebaran penggunaan smartphone di wilayah Jakarta dan Indonesia. 

Tom McWright dan Eric Fisher dari Mapbox.com menyusun peta yang menggambarkan titik-titik lokasi pengiriman tweet (geotagging) di seluruh dunia, termasuk Indonesia. 

Visualisasi tersebut memanfaatkan sekitar 3 miliar tweet yang dikirim para pengguna Twitter dalam periode September 2011--Juni 2013 yang diperoleh dari Gnip, perusahaan penyedia data internet.

Peta lokasi tweet tersebut kemudian dipilah berdasarkan jenis telepon pintar yang digunakan yaitu, iPhone, smartphone berbasis Android, Blackberry, dan smartphone jenis lain.

Dominasi Blackberry, yang diwakili oleh titik ungu, ditunjukkan dengan jelas pada peta Indonesia. iPhone dan smartphone berbasis Android yang digambarkan oleh titik merah dan hijau tenggelam di tengah lautan ungu.\

CEO Mapbox.com Eric Gundersen, dalam blog-nya, menyatakan pola penggunaan Twitter berdasarkan jenis smartphone juga bisa menggambarkan stratifikasi ekonomi di suatu wilayah kota. 

"Sebagai contoh, iPhone banyak digunakan di daerah penduduk kaya, sedangkan ponsel berbasis Android lebih banyak ditemui di area dengan tingkat ekonomi lebih rendah," katanya.

Asumsu itu berdasarkan harga iPhone yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan ponsel Android yang tersedia dalam beragam tingkat harga.

Peta Jakarta di atas menunjukkan sebaran penggunaan iPhone dan ponsel berbasis Android di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Akses Twitter melalui iPhone terlihat lebih banyak ditemui di daerah sekitar pusat Jakarta, sedangkan ponsel berbasis Android yang diwakili titik hijau memenuhi daerah suburban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Others
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper