Ramadan, Telkomsel Sumbagsel Antisipasi Lonjakan Layanan

Dinda Wulandari
Minggu, 30 Juni 2013 | 15:24 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, PALEMBANG - Telkomsel Wilayah Sumatra Bagian Selatan mulai melakukan antisipasi lonjakan penggunaan layanan telekomunikasi dengan meningkatkan kapasitas berbagai layanan hingga 300% jelang Ramadan dan Idulfitri 2013.

Head of ICT Network Management Sumbagsel Division Hafiddudin Triatmojo mengatakan pihaknya optimistis mampu melayani lonjakan yang mungkin terjadi baik di layanan SMS, voice, maupun penggunaan layanan data.

"Untuk voice mampu melayani hingga kenaikan 100% pengguna, SMS sampai 300% pengguna pada saat bersamaan dan lonjakan layanan data hingga50% ,"katanya saat temu media Jumat (28/6/2013).

Hafiddudin melanjutkan berdasarkan  pengalaman tahun lalu, lonjakan penggunaan layanan mencapai puncak pada H-1 di mana voice meningkat lebih dari 20%, SMS meningkat lebih dari 110% dan data meningkat lebih dari 30%.

Dia mengemukakan saat ini Telkomsel mampu melayani pengiriman 6.750 SMS per detik. Sementara itu untuk layanan data akan disiapkan hingga 259 TB di mana saat ini penggunaan data baru sekitar 20 TB - 30 TB.

Untuk meningkatkan kualitas jaringan, Telkomsel juga akan menambah Base Transmision Station (BTS) sebanyak 1.400 BTS sepanjang 2013 di Sumsel.  "Saat ini sudah terbangun  800-an BTS yang terdiri dari 2G maupun 3G,"katanya.

Jumlah BTS di regional Sumbagsel sudah mencapai 6.200. Coverage jaringan telah melayani hingga 100% di ibu kota kabupaten sampai wilayah kecamatan di Pulau Sumatra.

Dia menambahkan memasuki putaran kedua tahun 2013, pihaknya juga telah mencatatkan pencapaian berupa pertumbuhan jumlah pelanggan yang mencapai lebih dari 12,6 juta pelanggan per akhir Juni 2013.

Head of Sales and Costumer Care Region Sumbagsel M Syawaluddin menambah Telkomseal juga telah meningkatkan distribusi produk maupun ketersediaan pengisian pulsa hingga 2 kali lipat dari kondisi normal.

"Peningkatan ini  untuk memenuhi lonjakan kebutuhan komunikasi pelanggan nanti melalui berbagai saluran disteibusi,"ujarnya.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, peningkatan pengisian pulsa saat ramadhan dan lebaran meningkat hingga 25%.

"Kami juga telah bekerja sama dengan modern channel siaga, seperti supermarket yang akan buka selama Lebaran sehingga masyarakat tidak kesulitan,"katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper