GOOGLE Akuisisi Waze Senilai US$1,1 Miliar

John Andhi Oktaveri
Senin, 10 Juni 2013 | 10:45 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA--Google Inc. sepakat mengakuisisi perusahaan penyedia peranti lunak peta, Waze Inc. senilai US$1,1 miliar, menurut sumber yang dekat dengan transaksi tersebut.

Akuisisi itu akan membuat dominasi pesaing lainnya untuk program navigasi, termasuk Facebook Inc. (FB), akan berkurang. Waze diduga akan mengumumkan  transaksi itu hari ini, Senin (20/6/2013) menurut sumber yang tidak mau disebutkan namanya.

Pada saat konsumen beralih dari komputer personal (PC) ke telepon pintar dan tablet, Facebook dan Google terus bersaing memanjakan konsumen dengan kemampuan navigasi.

Waze yang memiliki pelanggan 40 juta dan mendapatkan input soal peta dan trafik lalu lintas dari mereka, akan membantu Google menambahkan fitur sosial pada perangkat peta yang dimilikinya, ujar Greg Sterling, seorang analis pada Opus Research.

Transaksi itu akan membuat Google, pemilik mesin pencari paling populer di dunia, mampu menghindari ancaman terhadap aplikasi navigasi yang dikembangkannya sendiri.

“Transaksi itu bisa jadi merupakan sesuatu yang sangat berbeda dari apa yang ditawarkan Google dan bisa berkembang menjadi pesaing bagi Google Maps,” ujar Sterling dalam satu wawancara bulan lalu sebagaimana dikutip Bloomberg, Senin (10/6/2013).  (ra)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Rustam Agus
Sumber : Bloomberg
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper