HARI KARTINI: Layanan Indosat Manjakan Wanita

Sukirno
Minggu, 21 April 2013 | 13:01 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA - PT Indosat Tbk (ISAT) turut merayakan hari Kartini yang jatuh pada Minggu (21/4/2013). Kesuksesan perempuan dalam kehidupan rumah tangga dan karir merupakan bukti bahwa mereka memiliki kemampuan luar biasa dalam mengembangkan potensi dan kompetensi diri.

Banyak perempuan "Srikandi" Indonesia yang telah berhasil meraih sukses dalam pekerjaan, dan hal tersebut semakin lengkap dengan memiliki keluarga yang harmonis dan terkelola dengan baik.

Erik Meijer, Director & Chief Commercial Officer Indosat, mengharapkan komitmen Indosat dalam mendukung pemberdayaan dan peningkatan kualitas hidup perempuan dapat mengurangi kesenjangan gender melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi termasuk teknologi seluler.

"Dengan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi, kami yakin perempuan-perempuan Indonesia akan memiliki kesempatan lebih dalam mengembangkan peranan penting dan potensi luar biasa yang dimiliki dalam mengatur kehidupan keluarga, menjadi pengendali dunia wirausaha sekaligus tenaga kerja yang mandiri dan kreatif", ujarnya dalam keterangan pers, Minggu (21/4/2013).

Dia menjelaskan, Indosat sebagai operator yang juga peduli dengan kesuksesan perempuan dalam karir dan keluarga, telah meluncurkan berbagai program khusus maupun inisiatif untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan perempuan, menciptakan lapangan pekerjaan hingga mereka menjadi perempuan yang mandiri.

Dalam mewujudkan hal tersebut, Indosat berkolaborasi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Cherie Blair Foundation, Nokia, MercyCorps dan banyak organisasi lainnya sebagai bentuk komitmen dalam membantu perempuan Indonesia untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Sebagai kelanjutan program yang ditujukan untuk perempuan Indonesia, baru-baru ini Indosat dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak meluncurkan ajang Indonesia Womenpreneur Competition (IWC). Sebuah ajang kompetisi nasional yang ditujukan bagi para perempuan Indonesia yang mandiri dan kreatif serta berkemauan kuat untuk mengembangkan potensi dirinya, sekaligus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Pada 6 Desember 2012 lalu Indosat juga telah meluncurkan layanan Usaha Wanita, sebuah layanan khusus perempuan yang dapat diakses melalui aplikasi ponsel Nokia Life+. Ribuan perempuan Indonesia dapat mengakses berbagai informasi serta topik seperti manajemen bisnis, manajemen perbankan dan akses pengajuan kredit, manajemen konsumen serta pemasaran termasuk juga pengembangan kompetensi pribadi.

Layanan ini khusus ditujukan kepada para perempuan yang menjalankan usaha baik skala kecil dan menengah, baru mulai membangun usaha, dan para perempuan muda yang bercita-cita untuk dapat membangun bisnis mereka sendiri. Dengan layanan Usaha Wanita, perempuan pengusaha di Indonesia kini dapat mengakses berbagai informasi seputar bisnis secara bebas melalui ponsel mereka.

Pada Juni 2012, Indosat meluncurkan layanan Info Wanita, hasil kerjasama dengan Nokia. Layanan ini dapat diakses melalui Nokia Life berbasis pesan teks. Dengan layanan Info Wanita, perempuan Indonesia dapat mengakses informasi dan tips mencakup topik seputar kesehatan, keluarga, anak, manajemen keuangan, komunikasi hingga ketrampilan.

Inisiatif Indosat melalui Info Wanita juga telah mendapatkan pengakuan dunia dengan meraih penghargaan Best Consumer Service Innovation dalam ajang internasional Global Telecoms Business Innovation Award 2012 yang diselenggarakan di London, Inggris.

Pada Juli 2011, Indosat meluncurkan paket khusus bagi para ibu rumah tangga yaitu Paket ‘Hebat Keluarga’ yang memiliki keunggulan tarif yang terjangkau untuk melakukan panggilan telpon ke nomor keluarga yang telah didaftarkan sebelumnya.

Berbagai program khusus bagi perempuan Indonesia yang telah dihadirkan tersebut, menjadi bagian dari komitmen Indosat dalam program GSMA mWomen. GSMA adalah asosiasi operator seluler dan perusahaan terkait yang berdedikasi untuk mendukung standarisasi, implementasi dan promosi dari GSM Mobile Telephone System.

Salah satu programnya yaitu mWomen, bertujuan untuk memberdayakan perempuan melalui pemanfaatan teknologi seluler dan memperkecil kesenjangangender. Indosat mendukung sepenuhnya program pemberdayaan ini bersama dengan GSMA mWomen.

Selain dukungan melalui layanan Usaha Wanita dan Info Wanita, inisiatif lain diwujudkan Indosat bersama dengan RUMA (Rekan Usaha Mikro Anda) dengan memberdayakan masyarakat, khususnya perempuan untuk memperoleh penghasilan melalui pemanfaatan teknologi ponsel, salah satunya melalui penjualan pulsa prabayar.

RUMA telah merekrut dan melatih lebih dari 10.000 pengusaha berpenghasilan rendah di Indonesia, dimana 85% di antaranya adalah perempuan.

Selain berbagai inisiatif di bidang program layanan, komitmen Indosat terhadap kehidupan perempuan Indonesia juga diwujudkan dalam salah satu program CSR-nya yaitu Indonesia Sehat melalui Program Mobil Klinik Sehat Keliling Indosat, layanan kesahatan secara gratis kepada masyarakat khususnya ibu dan anak.

Mobil Klinik dilengkapi dengan berbagai peralatan pemeriksaan kesehatan, termasuk USG dan printer untuk membantu pemeriksaan ibu hamil. Mobil Klinik juga memberikan berbagai layanan lain untuk ibu menyusui, pemeliharaan kesehatan anak dan balita serta layanan kesehatan secara umum.

Sebanyak 16 unit mobil klinik beroperasi secara mobile ke berbagai kota dan pelosok di seluruh Indonesia, dan hingga saat ini 70% layanan telah diberikan fokus pada pemeriksaan ibu hamil dan menyusui serta pemeriksaan anak dan balita.

(faa)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Sukirno
Editor : Fahmi Achmad
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper