Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SURVEI NIELSEN: Pengguna Internet Indonesia Capai 30%

BISNIS.COM, JAKARTA—Meski konsumsi media televisi oleh masyarakat Indonesia selama 2012 masih memimpin dengan 94% dari total populasi, ternyata pengguna Internet meningkat menjadi 30% dibandingkan tahun lalu yang hanya 26%.“Bahkan, rata-rata
R Fitriana
R Fitriana - Bisnis.com 06 Maret 2013  |  11:48 WIB
SURVEI NIELSEN: Pengguna Internet Indonesia Capai 30%
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA—Meski konsumsi media televisi oleh masyarakat Indonesia selama 2012 masih memimpin dengan 94% dari total populasi, ternyata pengguna Internet meningkat menjadi 30% dibandingkan tahun lalu yang hanya 26%.

“Bahkan, rata-rata waktu yang dihabiskan oleh pengguna internet dalam satu hari sebanyak 2 jam,” kata Irawati Pratignyo, Managing Director Media Nielsen Indonesia, Rabu (6/3/2013).

Menurut dia, penggunaan internet tertinggi masih untuk jejaring sosial dengan jumlah pengguna 75,3% atau sedikit menurun dibandingkan dengan tahun lalu yang sekitar 76,3%.

Survei Nielsen Indonesia selama 2012 di 10 daerah di Indonesia menyebutkan penggunaan internet untuk mengunduh perangkat lunak atau dokumen meningkat menjadi 37,3% dibandingkan dengan tahun lalu yang sebesar 33%.

Terkait dengan lokasi mengakses internet, Irawati menambahkan terjadi pergeseran yang cukup menarik di 2012, dimana pengguna internet lebih banyak mengakses dari rumah (47%) dibandingkan dengan di café atau warung internet (28%).

“Hanya dalam jangka waktu setahun, terjadi perubahan yang signifikan, dimana setahun lalu ada 41% pengguna internet masih mengaksesnya dari warung internet dan hanya 23% yang akses dari rumah,” tuturnya.

Dia menjelaskan seiring dengan meningkatnya akses internet di rumah, penggunaan laptop sebagai perangkat untuk mengakses internet pun bertambah dari 20% menjadi 27%, meski komputer dan ponsel masih menjadi perangkaat akses utama, yakni 59% dan 56%.

“Ini merupakan indikasi peningkatan kepemilikan laptop pribadi, sekaligus kebutuhan untuk memiliki akses internet pribadi di rumah tangga Indonesia,” ungkap Irawati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

internet televisi nielsen
Editor : Others
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

back to top To top