SURVEI NIELSEN: Pengguna Internet Indonesia Capai 30%

R Fitriana
Rabu, 6 Maret 2013 | 11:48 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA—Meski konsumsi media televisi oleh masyarakat Indonesia selama 2012 masih memimpin dengan 94% dari total populasi, ternyata pengguna Internet meningkat menjadi 30% dibandingkan tahun lalu yang hanya 26%.

“Bahkan, rata-rata waktu yang dihabiskan oleh pengguna internet dalam satu hari sebanyak 2 jam,” kata Irawati Pratignyo, Managing Director Media Nielsen Indonesia, Rabu (6/3/2013).

Menurut dia, penggunaan internet tertinggi masih untuk jejaring sosial dengan jumlah pengguna 75,3% atau sedikit menurun dibandingkan dengan tahun lalu yang sekitar 76,3%.

Survei Nielsen Indonesia selama 2012 di 10 daerah di Indonesia menyebutkan penggunaan internet untuk mengunduh perangkat lunak atau dokumen meningkat menjadi 37,3% dibandingkan dengan tahun lalu yang sebesar 33%.

Terkait dengan lokasi mengakses internet, Irawati menambahkan terjadi pergeseran yang cukup menarik di 2012, dimana pengguna internet lebih banyak mengakses dari rumah (47%) dibandingkan dengan di café atau warung internet (28%).

“Hanya dalam jangka waktu setahun, terjadi perubahan yang signifikan, dimana setahun lalu ada 41% pengguna internet masih mengaksesnya dari warung internet dan hanya 23% yang akses dari rumah,” tuturnya.

Dia menjelaskan seiring dengan meningkatnya akses internet di rumah, penggunaan laptop sebagai perangkat untuk mengakses internet pun bertambah dari 20% menjadi 27%, meski komputer dan ponsel masih menjadi perangkaat akses utama, yakni 59% dan 56%.

“Ini merupakan indikasi peningkatan kepemilikan laptop pribadi, sekaligus kebutuhan untuk memiliki akses internet pribadi di rumah tangga Indonesia,” ungkap Irawati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : R Fitriana
Editor : Others
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper