XL "Abaikan" Pengguna Pascabayar

News Editor
Selasa, 29 Januari 2013 | 17:43 WIB
Bagikan

JAKARTA-PT XL Axiata Tbk tidak berharap banyak pada pengguna pascabayar. Mereka menegaskan masih fokus pada pengguna prabayar dengan menyediakan berbagai layanan data untuk pengguna baru (early user).

 
Layanan pascabayar XL digunakan lebih dari 400.000 pengguna dari total 42 juta pengguna XL yang ada saat ini. Jumlah yang kecil itu membuat XL tak memasang strategi khusus untuk menumbuhkan pengguna pascabayar tahun ini.
 
"Yang akan kami lakukan adalah maintenance saja. Dengan peningkatan kualitas termasuk melalui produk-produk bundling," ujar Direktur Marketing XL Joy Wahjudi seusai peluncuran kartu XL Bebas di Jakarta, Selasa (29/1/2013).
 
Menurut dia program untuk pengguna pascabayar masih ada namun tidak seagresif untuk prabayar. Dia menambahkan average revenue per user (ARPU) untuk pascabayar XL saat ini sekitar Rp148.000. Joy menilai iklim saat ini mengarah pada perkembangan prabayar. Pihaknya pun akan terus menggarap pasar prabayar dengan meluncurkan berbagai produk baru. 
 
XL berharap melalui sejumlah program baru, penggunaan layanan data oleh pengguna terus meningkat. Hingga 2012 lalu, pengguna layanan data XL mencapai 60% dari total pengguna. Diharapkan jumlah tersebut akan meningkat dengan diluncurkannya produk baru kartu prabayar XL Bebas.
 
XL Bebas ditujukan untuk pengguna data early user yang belum banyak menggunakan jaringan 3G. Dengan kartu yang dibanderol Rp5.000 itu pengguna akan mendapatkan kuota 150MB per bulan dengan masa aktif 6 bulan. Pengguna juga dijanjikan mendapat bonus kuota 1MB per hari jika melakukan isi ulang minimal Rp5.000 setiap bulan.
 
"Sekarang sudah saatnya [menggarap pengguna data early user]. Siapa saja bisa menggunakan data. Hanya dengan Rp5.000 tidak perlu bayar langganan Rp40.000-Rp90.000," ujar Joy.
 
XL pun menargetkan penjualan hingga 10 juta kartu perdana XL Bebas hingga dua bulan ke depan. Adapun layanan data XL diharapkan dapat menyumbang ke pendapatan hingga sekitar 25%-30% sepanjang tahun ini.
 
Untuk mendukung pengembangan layanan data itu, XL juga melakukan modernisasi jaringan termasuk untuk layanan 3G. Jaringan 3G XL akan diperluas menjad 40 kota dari 22 kota yang sudah ada saat ini.
 
Mereka pun berharap dapat keluar sebagai pemenang dalam seleksi beauty contest spektrum 3G 2,1 GHz yang tengah digelar pemerintah. "Kami akan ikuti prosesnya, kami fokus ikut," ujar Manager Public Relations Corporate Communications PT XL Axiata Tbk Henry Wijayanto.
 
Namun, meski agresif mengembangkan layanan data, XL belum berencana menggarap layanan WiFi. Mereka pun belum menyiapkan strategi khusus atas potensi dibukanya jaringan 4G oleh pemerintah.
 
Selain meluncurkan kartu XL Bebas, XL juga meluncurkan sejumlah paket Internet antara lain, Paket Gaul 600MB 30 hari, Paket Gaul 1,5GB 30 hari, Paket Begadang 5GB 30 hari, Paket Begadang 11GB 30 hari, Paket Super Ngebut 3,5GB 30 hari dan Paket Super Ngebut 8GB 30 hari. (Faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : News Editor
Editor : Fahmi Achmad
Sumber : Galih Kurniawan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper