OPERATOR SELULER: Indosat Uji Jaringan 3G di Padang

Feni Freycinetia Fitriani
Jumat, 5 Oktober 2012 | 17:37 WIB
Bagikan

PADANG: Operator seluler Indosat menguji jaringan teknologi generasi ketiga dengan menggunakan frekuensi 900MHz untuk wilayah Padang, Sumatra Barat dan sekitarnya.

Mirza Helmi, Group Head Network Quality and Surveillence PT Indosat Tbk, mengatakan perusahaan memiliki 55 site untuk mendukung jaringan 3G di Padang.

Infrastruktur jaringan Indosat di kawasan ini dikerjakan oleh Nokia Siemens Network.

"Pengguna Indosat di Padang kini dapat menikmati layanan 3G. Dengan teknologi 3G yang bergerak di frekuensi 900 Mhz ini, interferensi bisa lebih dikurangi dan jangkauan bisa lebih luas," ujarnya di sela-sela uji jaringan dari Padang menuju Bukittingi, Jumat (5/10/2012).

Teknologi generasi ketiga umumnya bergerak di frekuensi 2,1 Ghz. Indosat mengantongi izin penggunaan frekuensi 900MHz untuk ekspansi layanan teknologi generasi ketiga atau 3G.

Frekuensi ini sudah digunakan untuk jaringan dengan teknologi 2G. Teknologi 3G diandalkan untuk layanan data dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengeluarkan izin tersebut melalui Keputusan Menteri No.504/2012 mengenai Izin Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler Indosat pada 31 Agustus.

Mirza mengatakan selain Padang, layanan 3G dengan frekuensi 900 Mhz juga dipersiapkan di beberapa wilayah, termasuk Jakarta dan sekitarnya, Jawa Barat, Bali, dan Nusa Tenggara.

Jaringan di Jakarta dan sekitarnya dikerjakan oleh Ericsson, Jawa Barat, Bali, dan Nusa Tenggara oleh Huawei.(msb)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Sumber : Ratna Ariyanti
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper