VMWare perkenalkan platform baru

Mochammad Subarkah
Jumat, 23 September 2011 | 13:36 WIB
Bagikan

 

JAKARTA: VMWare, vendor teknologi penyedia layanan virtualisasi dan komputasi awan, memperkenalkan platform baru database-as-a-Service (DaaS), untuk manajemen data perusahaan, lewat solusi VMware vFabric Data Director.
 
Tod Nielsen, Co-President Application Platform VMware,  mengatakan solusi VMware vFabric Data Director yang diluncurkan pada VMWorld 2011 merupakan pengembangan strategi platform aplikasi awan yang telah dimiliki sebelumnya. 
 
Menurut dia, fungsi vFabric Data Director adalah mengendalikan dan mengelola rangkaian database heterogen secara otomatis, berdasarkan kebijakan yang sudah ditetapkan oleh TI. 
 
Manfaat solusi ini antara lain adalah merampingkan proses pengembangan aplikasi yang memungkinkan para developer bisa menyediakan sendiri layanan database melalui fungsi self-service provisioning yang mereka butuhkan untuk membuat aplikasi modern. 
 
Solusi vFabric Data Director ini dibuat di atas VMware vSphere sehingga mampu mendatangkan benefit dari infrastruktur tervirtualisasi kepada lapisan database. Benefit tersebut adalah mengoptimalkan utilisasi sumber daya sehingga operasional semakin efisien sekaligus memangkas berbagai biaya.
 
"Perusahaan menghadapi tantangan semakin berat menghadapi pertumbuhan data untuk membuat aplikasi modern, dan mendukung pengembangan aplikasi kritikal. VMware memberikan layanan akses dan manajemen data inovatif yang mampu melayani kebutuhan aplikasi masa kini, dan meletakkan fondasi bagi aplikasi awan generasi berikutnya," ujarnya dalam siaran tertulis yang diterima Bisnis hari ini.
 
Nielson menuturkan aplikasi di era komputasi awan saat ini sama sekali berbeda dibandingkan dengan aplikasi yang dibuat untuk arsitekur client-server atau Internet. 
 
Aplikasi modern saat ini dibuat dengan menggunakan model pengembangan high productivity framework, yang disalurkan melalui secara dinamis dan tervirtualisasi via infrastruktur awan. 
 
Aplikasi masa kini juga harus bisa berjalan di banyak platform, mulai dari Web, SaaS, jejaring sosial dan mobile, serta mampu menghasilkan volume data real-time yang besar.
 
Dalam memenuhi perubahan kebutuhan aplikasi itu, VMware melakukan investasi untuk membangun platform aplikasi awan secara lengkap yang mencakup framework untuk pengembangan, layanan data dan aplikasi, serta model penghantaran berbasis komputasi awan yakni Platform-as-a-Service (PaaS). 
 
Seluruh investasi tersebut bertujuan untuk mendongkrak produktivitas pengembang aplikasi secara signifikan, sekaligus memiliki kemampuan meningkatkan efisiensi operasional. 
 
VMware juga membuka akses berbagai layanan infrasruktur baik dari VMware, pihak ketiga maupun komunitas open source. VMware telah mendorong platform aplikasi awan modern, memperluas komunitas Spring dan pengembang Java dengan inovasi utama pada framework, memberikan layanan aplikasi awan seperti messaging dan layanan data in-memory. 
 
"VMware juga telah memperkenalkan Cloud Foundry sebagai Open PaaS pertama di industri yang mendukung berbagai macam framework dan bahasa program termasuk ErLang, Jruby, PHP, dan Phyton, termasuk layanan data seperti Neo4J," terangnya. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper