Telkomsel Pacu Bisnis Solusi Data, Bidik Pertumbuhan Dua Digit 2025

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 28 Oktober 2024 | 08:00 WIB
Warga melintasi iklan Telkomsel di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Warga melintasi iklan Telkomsel di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) akan mengoptimalkan pendapatan dari bisnis solusi data pada 2025. Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) itu menargetkan pertumbuhan bisnis dua digit dari layanan ini.

VP Data Solutions & Digital Financial Services Telkomsel Alfian Manullang mengatakan untuk mencapai pertumbuhan tersebut perusahaan akan mengoptimalkan pasar di sektor layanan publik dan sektor finansial seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia, dengan menghadirkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan.

“Tahun ini kami banyak di sektor politik, lalu mungkin tahun depan kami sektor publik seperti OJK dan BI. Kementerian juga. Bagi mereka untuk membuat kebijakan yang cepat membutuhkan insight data yang dapat dihimpun dengan cepat juga,” kata Alfian kepada Bisnis, Senin (28/10/2024).

Sekadar informasi, di dalam bisnis solusi data, Telkomsel menawarkan data dan insight terbaru kepada klien. Telkomsel memberikan saran dan masukan lewat data yang dimiliki sebagai operator seluler terbesar di Tanah Air. Telkomsel melayani lebih dari 155 juta pengguna yang tersebar di 514 kabupaten/kota.

Basis pelanggan yang besar dan tersebar luas, kata Alifian, merupakan keunikan yang dimiliki Telkomsel dan sulit ditiru oleh perusahaan lain.
Telkomsel mampu membantu pelanggannya dalam melakukan survei dengan hasil yang dapat diketahui lebih cepat dibandingkan dengan survei manual.

“Satu bulan baru tahu dengan 3 hari langsung tahu kan beda actionnya. Sama juga BPS, yang sebelumnya melakukan satu tahun baru dapat [hasil] sekarang mereka dapat melakukannya setiap bulan,” kata Alfian.

Alfian menuturkan dengan jarak latensi data yang lebih dekat, klin bisa mengambil keputusan yang lebih tepat.

Misal, yang dahulu data baru terkumpul setiap tahun, sekarang sudah dapat terkumpul setiap bulan dan dapat diambil langkah tepat dalam menyikapi data tersebut. Mereka tahu aksi selanjutnya setiap bulan yang dapat diambil.

Selain itu, sambung Alifian, solusi data Telkomsel juga dapat memberi informasi tambahan terkait risk scoring, yaitu skor numerik atau peringkat yang menunjukkan seberapa besar kemungkinan peminjam berisiko mengalami gagal bayar.

Adapun hingga kuartal III/2024, Alfian mengatakan bisnis solusi data menghasilkan pencapaian yang cukup dengan pertumbuhan bisnis double digit.

Layanan solusi data mereka telah digunakan oleh sektor keuangan hingga transportasi untuk mengukur pergerakan masyarakat hingga perilaku berbelanja.

Pertumbuhan pada kuartal III/2024 juga didorong oleh layanan Telko Verify, sebuah solusi verifikasi data masyarakat menggunakan jaringan internet. Solusi ini tahap lanjut dari proses identifikasi yang sebelumnya menggunakan SMS One Time Password (OTP).

Hal ini dapat mengurangi kemungkinan pengambilalihan akun pengguna melalui social engineering ataupun pembagian kode OTP yang tidak disengaja. Sehingga, solusi yang andal dan efisien ini tidak hanya mempercepat proses autentikasi, tetapi juga meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna saat berinteraksi dengan layanan digital yang disediakan oleh bisnis dari berbagai sektor.

Adapun di sektor perbankan, Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjadi salah satu perusahaan perbankan yang menggunakan Telko Verify di aplikasi BRImo.

Telkomsel dalam penjajakan kerja sama dengan perusahaan ride hailing untuk solusi ini untuk memastikan bahwa pengemudi yang datang menjemput pelanggan, sesuai dengan yang diaplikasi.

“Jadi identitas driver makin pasti. Tidak bisa yang jemput beda orang,” kata Alfian.

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper