Tenggat Pendaftaran CASN Tersisa Sehari, Peruri Kebanjiran Pembubuh e-Meterai

Rika Anggraeni
Senin, 9 September 2024 | 09:19 WIB
Cara membeli e-meterai dan cara menggunakan e-meterai daftar CASN 2023/ Instagram
Cara membeli e-meterai dan cara menggunakan e-meterai daftar CASN 2023/ Instagram
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) mengungkap pembubuhan terhadap penggunaan e-meterai menunjukkan peningkatan yang signifikan menjelang hari-hari penutupan pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 pada 10 September 2024. 

Head of Corporate Secretary Peruri Adi Sunardi mengatakan bahwa data dari Peruri menunjukkan minat terhadap penggunaan e-meterai masih sangat tinggi dengan pembubuhan tertinggi sejak awal masa pendaftaran.

“Tercatat, pada tanggal 6 dan 7 September mencapai lebih dari satu juta pembubuhan e-meterai per harinya,” kata Adi dalam keterangan tertulis, Senin (9/9/2024).

Adi menjelaskan bahwa e-meterai merupakan bentuk konkret dari proses digitalisasi di bidang perpajakan bea meterai yang diakomodir oleh Peruri selaku pihak yang dipercaya pemerintah untuk menyediakan meterai elektronik (e-meterai).

“E-meterai saat ini telah dipergunakan di berbagai proses layanan digital instansi, tidak saja dalam proses penerimaan CASN,” jelasnya.

Selain itu, Adi menyampaikan bahwa masyarakat juga dapat membeli e-meterai untuk dapat digunakan kapanpun dibutuhkan, karena e-meterai tidak memiliki masa kadaluarsa.

Perlu diketahui, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menginformasikan update terbaru terkait waktu pendaftaran CASN masih dibuka hingga 10 September 2024. Artinya, masyarakat dapat memanfaatkan waktu ini sebaik-baiknya untuk menyelesaikan proses administrasi pendaftaran CASN 2024 melalui layanan e-meterai pada website https://meterai-elektronik.com.

Untuk meningkatkan kelancaran pendaftaran tersebut, pada 5 September 2024 BKN telah mengumumkan adanya opsi penggunaan meterai tempel sebagai ketentuan pendaftaran, di samping menggunakan e-meterai.

Di samping itu, Peruri juga menjamin layanan https://meterai-elektronik.com sudah kembali berjalan dengan normal, baik dalam mengakses laman website, proses pembelian kuota e-meterai, hingga proses pembubuhan e-meterai pada dokumen elektronik yang dipersyaratkan dalam proses pendaftaran CASN 2024.

Adi menjelaskan bahwa dokumen yang telah dibubuhkan e-meterai dalam website meterai-elektronik.com dapat diunduh kapanpun tanpa adanya batasan waktu.

Selain pada website resmi meterai-elektronik.com, masyarakat juga dapat membeli dan membubuhkan e-meterai melalui beberapa reseller. Berikut adalah link membeli e-meterai untuk CASN 2024:

1.    Skill Academy https://skillacademy.com/e-meterai 

2.    ⁠Posfin https://emeterai.posfin.id/ 

3.    ⁠Aplikasi mobile Sobat Meterai 

4.    ⁠Gerai Kantor Pos di seluruh Indonesia. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper