AWS Perkenalkan PartyRock, Platform Gratis untuk Belajar Bikin Aplikasi Gen AI

Rika Anggraeni
Selasa, 27 Agustus 2024 | 21:45 WIB
Ilustrasi kecerdasan buatan/ilustrasi
Ilustrasi kecerdasan buatan/ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Amazon Web Services (AWS) memperkenalkan platform pembelajaran PartyRock yang dapat membantu pengguna membuat aplikasi gen AI.

PartyRock merupakan platform pembelajaran yang memudahkan masyarakat membuat aplikasi kecerdasan buatan generatif atau generative Artificial Intelligence (gen-AI).

Head of Solutions Architects Asean Amazon Web Services (AWS) Paul Chen mengatakan bahwa platform PartyRock bisa membantu pelanggan dan komunitas AWS untuk memahami inovasi dari aplikasi gen-AI.

Platform PartyRock milik AWS bisa digunakan secara gratis tanpa ada pembayaran. Pengguna hanya perlu mendaftar menggunakan akun Google, Amazon, atau Apple. PartyRock dirancang dengan cara yang ramah dan dapat diakses dengan mudah, terutama pengguna yang memiliki pengalaman terbatas dengan gen-AI.

“Jadi, salah satu cara yang kami lakukan adalah membuat platform yang menyenangkan untuk digunakan dan pada saat yang sama tidak memerlukan pembayaran di muka atau kartu kredit apa pun. Jadi, siapa pun dapat mendaftar. Ini adalah tingkatan gratis,” kata Paul saat ditemui seusai Media Workshop PartyRock di GoWork Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Dengan demikian, Paul menjelaskan semua orang dapat menggunakan PartyRock untuk membuat aplikasi bertenaga gen-AI tanpa perlu melakukan koding.

“Tugas kami adalah membantu komunitas mempelajari tentang AI generatif dengan cara yang menyenangkan. Target audiensnya adalah siapa pun yang ingin mencoba membuat aplikasi gen-AI. Jadi, siapa pun yang ingin mencobanya bisa menikmatinya,” jelasnya.

Paul menambahkan, jika pengguna menggunakan PartyRock, maka platform ini hanya sebatas sebagai alat pembelajaran, bukan untuk mengarah ke ranah produksi. Sebab, PartyRock merupakan platform yang memungkinkan semua orang untuk mempelajari gen-AI secara gratis.

“Jadi, jika Anda ingin membangun lingkungan produksi Anda, maka kami akan menyarankan untuk menggunakan Bedrock dan semua hal lainnya secara terpisah,” jelasnya.

Ke depan, Paul mengungkap bahwa AWS akan mengembangkan fitur lain, sebab saat ini PartyRock hanya menyediakan prompt untuk dokumen, teks, dan gambar.

Mengutip dari laman resmi PartyRock, Selasa (27/8/2024), PartyRock adalah alat pendidikan untuk menyediakan akses pengguna untuk belajar tentang teknik yang cepat melalui eksperimen yang dibangun di Amazon Bedrock.

Platform ini menggunakan model pembelajaran mesin yang menghasilkan prediksi berdasarkan pola dalam data. PartyRock hanya untuk tujuan hiburan. “Anda dan pengguna akhir Anda bertanggung jawab atas semua keputusan yang dibuat, saran yang diberikan, tindakan yang diambil, dan kegagalan untuk mengambil tindakan berdasarkan penggunaan PartyRock oleh Anda,” demikian yang dikutip.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper