Neutra DC (Telkom) Perkuat Ekosistem Data Center AI, Gandeng HPE hingga Cirrascale

Harian Noris Saputra
Selasa, 27 Agustus 2024 | 07:15 WIB
NeutraDC, anak usaha Telkom, menggandeng tiga mitra strategis untuk memperluas ekosistem dalam bisnis data center AI/ Telkom
NeutraDC, anak usaha Telkom, menggandeng tiga mitra strategis untuk memperluas ekosistem dalam bisnis data center AI/ Telkom
Bagikan

Bisnis.com, MANGUPURA - PT Telkom Data Ekosistem (NeutraDC), anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk., menjalin kerja sama strategis dengan PT Hewlett Packard Enterprise (HPE) Indonesia, DataCanvas Limited, dan Cirrascale Pte. Ltd. untuk memperkuat ekosistem AI di sektor data center.  

Penandatangan dilakukan oleh CEO NeutraDC Andreuw Th.A.F, President Director HPE Indonesia Meygin Agustina, CEO DataCanvas Fang Lei, dan CEO Cirrascale PJ Go. 

Kolaborasi ini menandai komitmen dalam mengembangkan ekosistem AI yang matang dan sesuai untuk pasar Asia Tenggara, dengan memanfaatkan kekuatan dan kapabilitas masing-masing pihak.

Kerja sama ini difokuskan untuk meningkatkan minat pasar terhadap kebutuhan pusat data berbasis AI di kawasan Indonesia dan regional.

Diketahui HPE merupakan perusahaan edge-to-cloud global yang berfokus dalam, melindungi, menganalisis, dan bertindak pada semua data dan aplikasi di edge hingga cloud. 

Sementara itu Cirrascale adalah penyedia terkemuka solusi cloud GPU dan IPU bare-metal yang didedikasikan untuk aplikasi AI. Cirrascale fokus pada melayani industri seperti kendaraan otonom, pencitraan medis, pemrosesan bahasa alami, dan aplikasi intensif AI lainnya.

NeutraDC juga mengumumkan kolaborasi strategis dengan BDx Indonesia yang merupakan sebuah perusahaan hasil joint venture antara BDx Data Centers, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), dan Lintasarta. 

Kolaborasi ini mengumumkan peluncuran fase pertama dari ekosistem Internet Exchange (IX) di Indonesia. Inisiatif ini, sebelumnya telah diumumkan pada penandatanganan nota kesepahaman di perhelatan internasional Pacific Telecommunications Council (PTC) 2024 pada Januari lalu yang berlangsung di Hawaii, USA. 

Komisaris Utama Telkom Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro menjelaskan AI membuka jalan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis, seperti ekspansi dan pengembangan data center yang semakin penting di era digital. 

Menurutnya AI juga akan turut andil dalam pengembangan sektor pendidikan dan telekomunikasi. 

"Kolaborasi antara manusia dan teknologi akan membawa kita menuju masa depan yang lebih cerah dan berdaya saing,” jelas Bambang dalam sambutan secara daring di NeutraDC Summit 2024 di Nusa Dua, Rabu (26/8/2024).

Sementara itu, Direktur Group Business Development Telkom Honesti Basyir menjelaskan pentingnya kolaborasi dan inovasi dalam menghadapi tantangan industri yang makin kompleks. 

Dalam sambutannya, Honesti menyoroti bagaimana TelkomGroup berkomitmen untuk memimpin dalam penerapan teknologi yang tidak hanya canggih tetapi juga etis. 

"NeutraDC Summit 2024 ini adalah bukti nyata dari komitmen kami untuk tidak hanya memimpin dalam teknologi, tetapi juga dalam etika dan tanggung jawab sosial. Di Telkom Group, kami percaya bahwa kolaborasi dan inovasi adalah kunci untuk menghadapi tantangan masa depan. Kami terus berinvestasi dalam teknologi yang tidak hanya canggih tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat luas," ujar Honesti.

Direktur Wholesale & International Service Telkom Bogi Witjaksono juga menekankan pentingnya perencanaan yang matang untuk memastikan transisi yang mulus dalam menghadapi teknologi AI. 

Menurutnya kesiapan AI bukan hanya soal teknologi, tetapi juga tentang bagaimana kita mempersiapkan organisasi untuk menghadapi perubahan yang cepat. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper