Di Balik Ambisi Lalamove Kejar Gojek-Grab Cs di Ride Hailing

Rika Anggraeni
Minggu, 4 Agustus 2024 | 11:40 WIB
Driver Lalamove berada di atas kendaraan bersiap untuk mengantarkan paket/dok.website Lalamove
Driver Lalamove berada di atas kendaraan bersiap untuk mengantarkan paket/dok.website Lalamove
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Platform pengiriman berbasis permintaan (on-demand) Lalamove mengungkap alasan di balik perusahaan berkecimpung ke bisnis berbagi tumpangan atau ride hailing melalui Lalamove Ride dan siap menyaingi raksasa teknologi Gojek, Grab, hingga Maxim.

Manajemen Lalamove menyampaikan bahwa perusahaan melihat adanya potensi besar dan juga tingginya permintaan dari masyarakat terhadap transportasi online. Terlebih, dengan tantangan transportasi yang dihadapi warga Jakarta setiap harinya seperti kepadatan jalanan di saat jam sibuk.

“Selain itu, dengan hadirnya Lalamove Ride dapat membuka kesempatan baru bagi mitra pengemudi kami yang sudah ada maupun yang baru bergabung untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang lebih besar,” kata manajemen Lalamove kepada Bisnis, dikutip pada Minggu (4/8/2024).

Manajemen Lalamove menyampaikan bahwa fokus perusahaan saat ini adalah penyempurnaan teknologi dan layanan, hal ini mengingat Lalamove baru saja meluncurkan layanan Lalamove Ride.

“Serta mendengarkan masukan dari pengguna dan mitra pengemudi, dengan tujuan untuk menciptakan pengalaman berkendara yang mudah, cepat, dan terjangkau,” ungkapnya.

Manajemen menuturkan bahwa sejak 2018, Lalamove hadir dan tumbuh bersama dengan para pengguna, baik secara perorangan maupun UMKM. Perusahaan mengklaim bahwa Lalamove sudah familiar dengan industri lokal dan kebutuhan pengguna.

“Selama kurang lebih 6 tahun beroperasi, kami memiliki jumlah mitra pengemudi yang cukup banyak dan tersebar di setiap wilayah Jakarta, yang kami ajak untuk turut serta bergabung di Lalamove Ride,” ungkapnya.

Di samping itu, Lalamove juga hadir dalam satu aplikasi, sehingga pengguna dapat dengan mudah menggunakan layanan-layanan yang ada di Lalamove, yaitu pengiriman barang dan antar penumpang. “Layanan kami juga tersedia 24 jam dengan tarif yang terjangkau dan perkiraan tarif di awal,” imbuhnya.

Berdasarkan akun Instagram resminya, Lalamove yang merupakan perusahaan berbasis di Hong Kong itu mengaku siap mengantar penumpang selama 24/7 hanya dengan satu klik di aplikasi Lalamove.

“Lalamove Ride siap mengantar kamu kapan saja, dengan driver profesional yang siap sedia 24/7. Mau pesan untuk perjalanan atau kirim barang? Cukup satu klik di aplikasi, langsung jalan! Gak perlu ribet dan nunggu lama kayak gebetan bales chat,” demikian yang dikutip dari Instagram resmi Lalamove Indonesia, @lalamoveid, Kamis (31/7/2024).

Melansir laman resmi perusahaan, layanan Lalamove Ride tersedia di wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek).

“Kami tidak hanya melakukan pengiriman barang, sekarang kami juga bisa antar penumpang,” ungkapnya.

Masih mengacu laman resminya, Lalamove hadir dengan misi untuk memberdayakan komunitas dengan membuat pengiriman cepat, sederhana dan terjangkau.

Didukung oleh teknologi, Lalamove menghubungkan orang-orang, kendaraan, muatan, dan jalan, mengirimkan barang-barang penting dan memberikan manfaat untuk komunitas lokal di 11 pasar Asia dan Amerika Latin.

Berdasarkan penelusuran Bisnis di aplikasi Lalamove, terdapat bilah “Ride” di bagian kanan. Di sana, terpampang tiga pilihan moda transportasi, mulai dari Car, CarXL, dan MotorRide.

Untuk pilihan Car, bisa memuat hingga 4 penumpang. Sedangkan untuk CarXL memiliki kapasitas yang lebih luas, yakni mampu memuat hingga 6 penumpang. Lalamove juga menyediakan pilihan motor yang menjadi alternatif penumpang menyusuri kemacetan lalu lintas.

Pengguna juga bisa menambahkan beberapa titik pemberhentian, dengan klik tombol “+ Tambah Pemberhentian“ untuk menambahkan pemberhentian. Dengan Lalamove Ride, pengguna dapat menambahkan hingga 5 pemberhentian dalam pesanan yang sama.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper