Internet Starlink Mengalir ke Rumah Sakit Gaza, Elon Musk: Berkat UAE dan Israel

Rika Anggraeni
Kamis, 25 Juli 2024 | 16:53 WIB
Satelit SpaceX meluncurkan 12 Starlink dari Florida, Amerika Serikat/dok. Tangkapan layar SpaceX
Satelit SpaceX meluncurkan 12 Starlink dari Florida, Amerika Serikat/dok. Tangkapan layar SpaceX
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — SpaceX milik Elon Musk telah mengaktifkan layanan internet berbasis satelit Starlink di rumah sakit di Gaza. Hal itu diungkapkan Musk melalui akunnya di media sosial X (sebelumnya Twitter).

Musk menyebut bahwa layanan internet satelit Starlink yang beroperasi di Gaza merupakan kolaborasi antara Uni Emirat Arab (UEA) dan Israel.

“Starlink sekarang aktif di rumah sakit Gaza dengan dukungan dari @UAEmediaoffice dan @Israel,” kata Musk dikutip, Kamis (25/7/2024).

Wakil Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Sheikh Abdullah bin Zayed menghaturkan terima kasih kepada Musk. “Terima kasih @elonmusk telah mendukung rumah sakit lapangan #Gaza #UAE,” tulisnya.

Adapun, Musk menanggapi ucapan terima kasih tersebut dalam bahasa Arab, “Tidak perlu terima kasih.”

Dilansir dari The National, Kamis (25/7/2024), Kementerian Luar Negeri menekankan pentingnya menyediakan internet berkecepatan tinggi yang andal untuk mendukung perawatan medis.

Rumah sakit lapangan didirikan pada Desember untuk membantu meringankan tekanan signifikan yang diberikan pada layanan kesehatan Gaza.

Tercatat, lebih dari 48.000 warga Palestina yang terluka telah dirawat di kompleks 200 tempat tidur di kota Rafah sejak mulai beroperasi pada Desember.

Direktur rumah sakit Dr Sultan Al Kaabi menyebut bahwa layanan internet Starlink telah memungkinkan rumah sakit lapangan untuk memberikan konsultasi medis video langsung kepada pasien.

“Kami menambahkan layanan untuk bekerja sama dengan rumah sakit dan spesialis Emirat dari berbagai negara," kata Dr Sultan Al Kaabi kepada The National.

Rumah sakit lapangan dibuat atas perintah dari Presiden Sheikh Mohamed setelah sebagian besar rumah sakit Gaza hancur atau dibiarkan dalam keadaan rusak permanen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper