Kapal LCT Cita XX Hilang Kontak 5 Hari, Bakti dan Tim SAR Lakukan Pencarian

Rika Anggraeni
Senin, 22 Juli 2024 | 13:36 WIB
Perangkat BTS dibutuhkan untuk membangun BTS 4G Bakti di daerah Papua/BISNIS-Leo Dwi Jatmiko.
Perangkat BTS dibutuhkan untuk membangun BTS 4G Bakti di daerah Papua/BISNIS-Leo Dwi Jatmiko.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) masih terus melakukan pencarian atas kapal LCT Cita XX yang membawa material stasiun pemancar atau base transceiver station (BTS) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Direktur Utama Bakti Fadhilah Mathar mengatakan bahwa pencarian kapal LCT Cita XX melibatkan semua pihak yang memiliki informasi dan kapabilitas pencarian SAR.

Fadhilah menyampaikan bahwa tim SAR gabungan telah berangkat menuju perairan Distrik Pulau Tiga pada Senin (22/7/2024) pagi pada pukul 08.05 WIT.

Perinciannya, tim ini terdiri dari unsur-unsur Angkatan Laut, Polairud, dan tim SAR daerah, menggunakan satu unit KRI dan satu helikopter.

Dia menjelaskan bahwa Tim 1 berangkat dari Timika menggunakan Kapal Patkamla Yapero milik TNI AL melakukan penyisiran ke jalur tengah laut. Sementara itu, Tim 2 berangkat dari Asmat menggunakan RIB Basarnas direncanakan akan melakukan penyisiran ke daerah perairan dangkal.

“Bakti Kominfo terus memantau perkembangan informasi dan melakukan semua upaya yang memungkinkan untuk mendukung pencarian. Informasi terbaru akan kami update pada kesempatan pertama,” kata Fadhilah dalam keterangan resmi, Senin (22/7/2024).

Sebelumnya diberitakan, kapal berjenis LCT GT 145 dilaporkan hilang kontak sejak Rabu (17/7/2024) dalam perjalanan dari Timika menuju Yahukimo, Papua Pegunungan.

Fadhilah menuturkan bahwa kapal berjenis LCT GT 145 tersebut terakhir berkomunikasi dengan kapal Prima Jaya yang melintas bersamaan pada Selasa, 16 Juli 2024.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Crew Kapal Prima Jaya, kapal Cita XX tidak melaju dan posisi mengambil di pinggiran.

Selain mengangkut 12 orang, Kapal Cita XX  juga membawa material mulai dari BTS, tower, power, dan penerima sinyal atau Very Small Aperture Terminal (VSAT) untuk penyediaan sinyal 4G Bakti Kemenkominfo di wilayah Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan.

Jika merunut kronologinya, kapal Cita XX berangkat dari Timika pada Senin (15/7/2024), pukul 05.43 WITA. Rencananya, kapal akan tiba di Yahukimo pada Kamis (18/7/2024).

Namun, pada Jumat (19/7/2024), penanggung kawab kapal Cita XX Mufli melaporkan bahwa posisi kapal Cita yang belum tiba di Pelabuhan Yahukimo kepada Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Timika.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper