Platform X Elon Musk Bakal Luncurkan Fitur ‘Grok’s Stories’

Ni Luh Anggela
Sabtu, 4 Mei 2024 | 17:37 WIB
Tampilan situs X atau Twitter dalam laptop, yang dipotret di New York, Amerika Serikat pada Senin (24/7/2023). - Bloomberg/Gabby Jones
Tampilan situs X atau Twitter dalam laptop, yang dipotret di New York, Amerika Serikat pada Senin (24/7/2023). - Bloomberg/Gabby Jones
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jejaring sosial milik Elon Musk, X (dulunya Twitter) akan meluncurkan fitur baru bernama 'Grok’s Stories'.

Fitur ini merangkum peristiwa berita di dalam aplikasi dengan menggunakan chatbot xAI, Grok.

“Ringkasan yang dihasilkan AI akan bergantung pada tweet pengguna – bukan artikel berita pihak ketiga – dan hanya akan tersedia untuk pelanggan premium,” perusahaan mengumumkan pada hari Jumat (3/5/2024), melansir Bloomberg Sabtu (4/5/2024).

Dengan Grok's Stories, demikian sebutan ringkasnya, semua berita teratas di halaman ‘Untuk Anda’ dirangkum.

Pelanggan Premium X akan dapat membaca ringkasan postingan di X yang terkait dengan setiap berita trending yang ditampilkan di tab ‘Untuk Anda’ di ‘Jelajahi’.

Halaman ‘Untuk Anda’ menampilkan berita dan cerita yang dibagikan di seluruh platform X yang populer dalam jaringan Anda, bersama dengan item lain yang disarankan. 

Ini adalah salah satu perhentian pertama bagi pengguna X yang ingin mengetahui apa yang dikatakan di platform, tanpa harus menghabiskan banyak waktu untuk menelusuri timeline mereka.

Saat ini, fitur tersebut tidak mengutip outlet berita mana pun, namun Musk mengatakan kepada buletin teknologi Big Technology bahwa kutipan yang lebih baik sedang dalam proses.

“Semakin banyak informasi yang tersedia, ringkasan berita akan diperbarui untuk memasukkan informasi tersebut,” kata Musk kepada Big Technology, yang sebelumnya melaporkan fitur tersebut.

Untuk diketahui, Grok, chatbot AI, secara teknis tidak dimiliki oleh X melainkan bagian dari xAI. Ini merupakan sebuah startup kecerdasan buatan milik Musk.

Dia mengungkapkan bahwa Grok dilatih menggunakan postingan dari X.  X dulunya memiliki produk serupa bernama Moments yang mengandalkan moderator manusia untuk membuat ringkasan berita.

Sayangnya, fitur tersebut ditutup tak lama setelah Musk mengambil alih pada akhir 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Kahfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper