3 Tips Menggunakan Kamera iPhone Bagi Content Creator, Gambar Makin Apik!

Redaksi
Selasa, 26 Maret 2024 | 10:51 WIB
Ilustrasi Kamera iPhone/Apple
Ilustrasi Kamera iPhone/Apple
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Dalam era konten digital yang makin mendominasi, kamera iPhone milik Apple telah menjadi senjata rahasia bagi para konten kreator sosial media, berikut tips dalam mengoptimalkannya. 

Pengguna iPhone memiliki akses ke beragam fitur canggih yang dapat memperindah dan memperkuat daya tarik visual dari setiap unggahan.

Dari trik fotografi yang sederhana hingga tips editing yang inovatif, pengeksplorasian potensi kamera iPhone telah menjadi kunci sukses untuk memperoleh perhatian dalam lautan konten online yang tidak pernah berhenti.

iPhone 12 yang memiliki sistem kamera ganda 12 MP dibalut dengan Kamera Utama dan Ultra Wide, telah menjadi pilihan untuk konten kreator saat ini.  Namun, sosial media merupakan hal yang sulit ditaklukkan karena algoritmanya. 

Bahkan terkadang orang yang mengikuti kita tidak bisa melihat postingan kita dikarenakan algoritma. Saat ini Anda dapat meningkatkan peluang konten Anda dapat dilihat dengan memperbaiki kualitas konten yang Anda buat.

Berikut tips dan triknya.

1. Rekam Video dengan Kualitas Tinggi

Salah satu cara cepat dan mudah untuk meningkatkan kualitas video Anda adalah dengan mengubah pengaturan kualitas pemotretan video pada kamera iPhone Anda. Untuk melakukannya, buka aplikasi Kamera dan pilih mode Video. Kemudian, di pojok kanan atas, ketuk opsi HD.

Setelah beralih ke resolusi 4K, Anda akan dapat merekam video dengan kualitas yang jauh lebih baik, yang pastinya akan menarik perhatian siapa pun yang melihatnya.

Secara asal, iPhone menggunakan pengaturan standar 30 frame per detik (fps), yang cukup untuk kebanyakan orang, namun banyak ahli videografi merekomendasikan penggunaan 24 fps. Meskipun merekam pada 60 fps masih direkomendasikan untuk video di mana subjek Anda banyak bergerak, seperti menari atau bermain olahraga, banyak film direkam pada 24 fps karena memberikan nuansa sinematik. 

Untuk dapat merekam video dengan 24 fps, Anda perlu pergi ke Settings. Lalu pilih Camera > Record Video. Di dalam tab Record Video, pilih "4k at 24 fps".

2. Aktifkan Alat Komposisi dan Style Fotografi

Apple telah memperkenalkan beberapa alat fotografi bawaan untuk membantu kita, seperti fitur Grid dan Level. Dengan Grid, layar kamera iPhone Anda akan dibagi menjadi sembilan bagian yang dapat Anda gunakan untuk mengikuti aturan ketiga. 

Di sisi lain, Level hanyalah nama keren untuk alat yang memberi tahu Anda apakah kamera Anda sedang mengambil foto lurus atau tidak. Untuk menambahkan kedua fitur grid dan level pada layar kamera iPhone Anda, ikuti petunjuk ini. Buka Settings, klik Camera. Di bawah Composition dan klik aktifkan Grid dan Level.

3. Gunakan Pencahayaan yang Bagus

Tergantung pada penataan Anda, Anda mungkin perlu menambahkan beberapa sumber cahaya untuk memberikan ketajaman pada foto dan video Anda.

Dengan penempatan yang tepat dan warna yang sesuai, pencahayaan dapat secara dramatis meningkatkan penampilan Anda dan menciptakan suasana tertentu.

Meskipun ada opsi untuk membeli ring light, bagi beberapa orang, lingkaran kecil yang memantul dari mata atau kacamata Anda dapat mengganggu.

Untuk menghindari ini, Anda dapat memilih lampu kotak, yang memiliki efek cahaya yang lebih lembut. 

Namun, jika Anda tidak ingin mengeluarkan uang untuk pencahayaan tingkat profesional, Anda juga dapat menggunakan lampu atau bola lampu di rumah Anda. Namun, disarankan untuk menyebar cahaya menggunakan kertas, atau kain agar tidak terlihat terlalu tajam.

Dengan mengikuti tips di atas, mulai dari merekam video dalam kualitas tinggi hingga memanfaatkan alat komposisi dan pencahayaan yang memikat, setiap pengguna iPhone dapat memperbaiki kualitas konten mereka. (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper