E-Commerce ShopBack PHK 24% Karyawan, 195 Posisi Terdampak!

Rahmad Fauzan
Kamis, 21 Maret 2024 | 16:09 WIB
Ilustrasi badai PHK yang menerjang perusahaan teknologi dan startup. Dok. JIBI
Ilustrasi badai PHK yang menerjang perusahaan teknologi dan startup. Dok. JIBI
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Shopback melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 24% tenaga kerjanya di sebanyak 195 posisi. Keputusan tersebut diumumkan oleh Co-Founder sekaligus pendiri CEO Shopback, Henry Chan, dalam pertemuan pada Selasa 19 Maret 2024.

Dalam pesan yang dipublikasikan di situs resmi Shopback, Chan mengatakan pemberhentian dilakukan agar perusahaan yang disokong Temasek itu bisa lebih fokus dan mandiri.

“Tidak diragukan lagi, ini adalah satu dari sekian keputusan berat yang harus diambil di sepanjang sejarah perusahaan,” lanjut Chan dalam pesan tersebut, dikutip Bisnis.com dari Vulcanpost.com, Kamis (21/3/2024).

Pengumuman tersebut disampaikan satu jam sebelum pertemuan berakhir. Pertemuan itu juga mengakhiri sesi jam kerja pada hari tersebut.

Sebagai kompensasi, perusahaan menawarkan gaji 2 bulan kepada karyawan yang terdampak PHK. Ditambah pesangon bagi yang sudah bekerja selama satu tahun penuh.

Pembayaran pesangon juga dihitung berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan setempat yang diperkirakan membuat perusahaan bisa mengeluarkan biaya lebih besar.

Selain itu, para korban PHK menerima bonus setara satu bulan gaji yang disesuaikan dengna proporsi masa kerja dalam setahun, serta jatah cuti berbayar yang belum sempat diambil.

Sebagai kompensasi tambahan, perusahaan memperpanjang masa asuransi kesehatan serta akses terhadap layanan kesehatan mental sampai dengan 30 Juni 2024.

Tambahan lainnya, perusahaan memberikan bantuan transisi karir, mulai dari review CV, pelatihan wawancara kerja dan akses ke pelatihan profesional, hingga konsultasi transisi karir dengan departemen sumber daya manusia (SDM) Shopback.

Bagi karyawan yang harus kembali ke negara asal, perusahaan akan menanggung uang visa, tiket pesawat, dan anggaran lain terkait dengan biaya perpindahan.

Sebelumnya, pada Juli 2022 ShopBack mengusung tagline baru – Untung Lewat ShopBack – pengguna akan mendapatkan promosi Cashback dan diskon menarik untuk merayakan ulang tahun ShopBack dan rebranding ShopBack pada Juli.

ShopBack berharap saat berbelanja, pengguna bukan hanya mendapatkan barang yang mereka cari, melainkan juga memaksimalkan setiap nilai pembelian, mulai dari mendapatkan info harga terbaik, mendapatkan diskon, kupon, dan juga Cashback.

ShopBack juga bertekad untuk terus mengembangkan jaringan, menambahkan kerja sama dengan partner dan brand di Indonesia, serta membantu partner mendapatkan visibilitas dan mengoptimalkan penjualan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper