Claude 3, AI Baru yang Diklaim Bisa Kalahkan OpenAI dan Gemini 1.0 Ultra

Redaksi
Selasa, 5 Maret 2024 | 11:55 WIB
Kecerdasan buatan. /Youtube
Kecerdasan buatan. /Youtube
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anthropic, startup AI yang didukung oleh Google dan Amazon, memperkenalkan sebuah sistem kecerdasan buatan bernama Claude 3. Sistem ini diklaim lebih baik dari OpenAI dan Gemini 1.0 Ultra. 

Model baru ini hadir dalam tiga versi yaitu Opus, Sonnet, dan Haiku yang masing-masing berbeda dalam performa dan harga. 

Anthropic menyebut dari ketiganya yang paling berkualitas adalah Claude 3 Opus. Bahkan diklaim bisa melampaui model pesaing GPT-4 dari OpenAI dan Gemini 1.0 Ultra dari Google dalam berbagai ujian benchmark.

“Ini adalah Rolls-Royce dari model-model tersebut, setidaknya pada saat ini,” kata CEO Anthropic Dario Amodei dikutip dari Reuters Selasa (5/3/2024), 

Amodei juga mengatakan Claude 3 sebagai AI “multimodal”.  AI ini dapat merespons pertanyaan teks dan gambar, serta menganalisis foto atau grafik. Dipopulerkan oleh ChatGPT OpenAI, AI generatif seperti ini menciptakan konten baru atas perintah.

Versi Claude 3 yang akan banyak digunakan oleh pengguna, Claude 3 Sonnet, memiliki kinerja yang sebanding dengan GPT-4.

Claude 3 Sonnet unggul dalam beberapa tes, tetapi kalah dalam tes lainnya. Dario Amodei mengakui bahwa tes Anthropic tidak mencakup pembaruan terbaru dari OpenAI dan Google (GPT-4 Turbo dan Gemini 1.5 Pro) karena kedua perusahaan tersebut belum mempublikasikan evaluasi tes yang sesuai. 

"Saya akan terkejut jika kami tidak tampil kompetitif," kata Amodei.

Adapun untuk menggunakan Claude 3 Opus pengguna akan dikenakan biaya US$15, untuk memproses setiap 1 juta data yang dikenal sebagai token. Harga ini lebih mahal dari kompetitor. OpenAI menagih US$10 untuk setiap juta token yang dimasukkan ke dalam model GPT-4 Turbo-nya.

Kabar ini, diikuti dengan berbagai pengumuman pesaing dan rilis Claude 2 dari Anthropic pada Juli, menunjukkan bagaimana perusahaan-perusahaan berlomba untuk menduduki puncak tangga yang menilai kinerja kecerdasan buatan, pada saat yang sama ketika pelanggan bisnis masih berjuang untuk menggunakan teknologi tersebut.

Google bulan lalu menunda fitur pembuatan gambar untuk bot obrolannya, Gemini, setelah layanan tersebut gagal dalam keberagaman.

Adapun model-model Claude 3 akan tersedia melalui platform cloud Amazon dan Google serta akan dipasarkan di 159 negara. (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper