Telkomsel dan Huawei Hadirkan Home Broadband 5G Innovation dan Talent Development

Media Digital
Selasa, 27 Februari 2024 | 08:04 WIB
Bertepatan dengan pelaksanaan Mobile World Congress (MWC) 2024 Barcelona, Senin (26/2), Telkomsel dan Huawei menandatangani dua Strategic Partnership Agreement (SPA) yang berfokus pada Home Broadband and 5G Innovation & Talent Development untuk peningkatan kapabilitas keberlanjutan yang mengedepankan prinsip ESG
Bertepatan dengan pelaksanaan Mobile World Congress (MWC) 2024 Barcelona, Senin (26/2), Telkomsel dan Huawei menandatangani dua Strategic Partnership Agreement (SPA) yang berfokus pada Home Broadband and 5G Innovation & Talent Development untuk peningkatan kapabilitas keberlanjutan yang mengedepankan prinsip ESG
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk menghadirkan konektivitas, solusi, dan layanan inovatif yang membuka lebih banyak peluang bagi setiap individu, rumah, dan bisnis di Indonesia, Telkomsel dan Huawei menandatangani dua Strategic Partnership Agreement (SPA) terkait Home Broadband and 5G Innovation dan Talent Development. Ditandatangani bertepatan dengan ajang Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona (26/2), kedua SPA tersebut sejalan dengan strategi dan pertumbuhan kedua perusahaan yang diharapkan dapat mendukung kemajuan ekosistem digital Indonesia di masa yang akan datang.

Direktur Utama Telkomsel Nugroho, mengatakan, "Sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan Indonesia, Telkomsel senantiasa berupaya mendorong transformasi digital dan mengadopsi wawasan pemanfaatan teknologi terkini. Melalui eksplorasi pengembangan infrastruktur digital dan bisnis digital baru serta upaya memperkuat kepemimpinan digital melalui penguatan talenta secara strategis bersama Huawei, Telkomsel berharap dapat memperkuat kapabilitas dalam menghadirkan konektivitas, solusi, dan layanan inovatif secara lebih andal, serta mempercepat implementasi teknologi terbaru untuk memberdayakan masyarakat Indonesia menuju ekosistem digital nasional yang semakin inklusif dan berkelanjutan."

Telkomsel dan Huawei Hadirkan Home Broadband 5G Innovation dan Talent Development

Melalui SPA Home Broadband and 5G Innovation, Telkomsel dan Huawei akan memperkuat kerja sama pengembangan infrastruktur digital dan bisnis digital baru, seperti eksplorasi penggunaan teknologi fiber dan 5G secara hibrid yang dapat mempercepat implementasi home broadband bagi pelanggan, serta eksplorasi ragam inovasi layanan yang dapat meningkatkan pengalaman home broadband, seperti dengan pemanfaatan Embedded AI dan Self Wi-Fi Optimization. Di samping itu, kedua pihak juga akan bersama mengeksplorasi teknologi terbaru yang dapat meningkatkan efisiensi implementasi perangkat dan biaya operasional.

Wang Xu, Direktur Huawei Indonesia Telkomsel Account Department, mengatakan, "Kami sangat bersemangat untuk menandatangani kedua SPA ini dengan mitra strategis kami, Telkomsel. Huawei selalu menjadi pemimpin dalam teknologi telekomunikasi dan bersedia untuk berbagi teknologi inovatif kami dengan Telkomsel untuk mengeksplorasi cara baru dalam mengimplementasikan teknologi tetap dan nirkabel, membantu Telkomsel untuk memperluas kepemimpinan Fixed Mobile Convergence mereka di Indonesia. Pasar broadband tetap masih sangat besar di Indonesia dan tujuan kami adalah membantu Telkomsel dengan solusi inovatif untuk memperpendek waktu peluncuran dan mengeksplorasi layanan baru yang mungkin diminati pengguna akhir. Permintaan akan layanan broadband seluler di Indonesia juga besar dan untuk sepenuhnya memanfaatkan peluang ini, Huawei akan berkolaborasi dengan Telkomsel untuk mengimplementasikan teknologi yang dapat membantu mengurangi TCO dan OPEX guna mempercepat pengimplementasian 5G di Indonesia. Kami berharap kontribusi kecil kami dapat membantu memberdayakan Telkomsel untuk berkontribusi pada pencapaian Visi Digital Indonesia 2030 dan 2045."

Adapun dengan SPA Talent Development, Telkomsel dan Huawei berkomitmen memperkuat kepemimpinan digital melalui penguatan talenta dengan wawasan ekspansi pasar, pengalaman jaringan, transformasi digital, dan inovasi layanan guna semakin meningkatkan kinerja dan ketangkasan di tengah industri digital yang semakin kompetitif dan serba cepat dengan tren perkembangan layanan 5G, FMC, hingga B2B/B2H, serta pemanfaatan teknologi digital terkini seperti Big Data, AI, dan Autonomous Network.

Lebih lanjut, Telkomsel dan Huawei akan mengeksplorasi program peningkatan kapabilitas keberlanjutan dalam implementasi proses bisnis perusahaan yang mengedepankan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG), serta penggunaan Cloud Learning Platform untuk meningkatkan budaya pembelajaran berkelanjutan.

Muharam Perbawamukti, Direktur Human Capital Management Telkomsel, mengatakan, "Kemitraan strategis bersama Huawei ini menjadi langkah solid dalam memperkuat kepemimpinan digital Telkomsel di Indonesia. Dengan berfokus pada penguatan talenta digital sesuai kebutuhan industri yang semakin dinamis dan kompetitif, Telkomsel berharap dapat terus meningkatkan kinerja dan ketangkasan karyawan di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital terkini. Upaya meningkatkan budaya pembelajaran ini juga akan terus Telkomsel dorong untuk meningkatkan efisiensi operasional yang mengedepankan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam proses bisnis berkelanjutannya."

MWC 2024 Barcelona berlangsung dari 26 Februari hingga 29 Februari di Barcelona, Spanyol. Area pameran Huawei terletak di area pameran 1H50 di Fira Gran Via Hall 1. Huawei, bersama dengan operator global, elit industri, dan pemimpin opini, dan lainnya, akan membahas tren industri, GUIDE menuju masa depan, pengembangan hijau, dan topik-topik terkini lainnya untuk memimpin masa depan jaringan digital. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi carrier.huawei.com/cn/events/mwc2024.

#MWC2024
#TelkomselSeries

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper