Flipside Instagram, Fitur Baru yang Mirip Close Friend

Crysania Suhartanto
Minggu, 4 Februari 2024 | 17:08 WIB
Logo Instagram/Istimewa
Logo Instagram/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Media sosial Instagram melakukan uji coba fitur baru yang disebut Flipside, yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah foto profil, nama, foto dan video di “Feeds”, ataupun “Stories” secara lebih privat.

Nantinya, pengguna seakan memiliki satu akun Instagram baru untuk audiens yang lebih sedikit, yang menempel di Instagram utama. Lalu, pengguna dapat memilih pengikutnya (followers) di Instagram utama yang dapat mengakses Flipside-nya. 

Sebenarnya, fitur Instagram ini sangat mirip dengan “Close Friend” atau “Teman Dekat” dengan lingkup yang lebih luas. Diketahui, fitur “Close Friend” di Indonesia hanya bisa untuk unggahan di “Stories”. 

Fitur ini sebenarnya sudah menjadi perbincangan publik pada 2021 sejak seorang reverse engineer Alessandro Paluzzi membagikan tangkapan layar fitur Flipside. 

Saat itu, kata Alessandro, Instagram akan membuat ruang baru, yang mana hanya orang yang terpilih dapat melihat sisi profil pengguna dan konten yang dibagikan. Hal ini mungkin karena melihat tren adanya akun kedua atau akun palsu (finsta) untuk menyasar audiens yang lebih sedikit. 

Namun, inovasi ini sempat terhambat ketika tren finsta masuk dalam bahasan rapat senator di Amerika Serikat. Saat itu, Senator Richard Blumenthal mempertanyakan apakah akun ini merupakan cara untuk menghindari pengawasan orang tua. 

Oleh karena itu, saat melakukan ujicoba Flipside ini, Kepala Instagram Adam Mosseri sedikit berhati-hati dan mengatakan perusahaan masih akan melihat respons pengguna Instagram terhadap Flipside. 

Jika dinilai positif, perusahaan akan menimbang-nimbang untuk meluncurkannya secara masal. 

“Ini adalah cara lain untuk menjangkau audiens yang lebih kecil, selain akun sekunder (second account) dan teman dekat (close friend). Kami akan melihat bagaimana respons orang-orang dalam pengujian ini, dan melanjutkannya,” ujar Mosseri, dikutip dari TechCrunch.

Namun, Mosseri mengaku masih belum dapat memutuskan akankah hal ini betul-betul akan meluncur ke pasaran. 

Diketahui, fitur Flipside ini memang belum dapat diakses di semua akun. Adapun jika sebuah akun sudah dapat menggunakan Flipside, akan ada sebuah tombol berlogo kunci di sisi kanan bawah profil pengguna.

Jika tombol tersebut diketuk, maka pengguna akan masuk ke halaman Flipside dan seakan dapat membuat Instagram dari awal. Pengguna juga dapat memilah audiens yang dapat mengakses laman Flipside, berdasarkan pengikut atau teman di akun Instagram utama. 

Kemudian, pengguna dapat mengunggah foto profil, biografii, foto ataupun video untuk laman Feeds ataupun Stories. Namun, Flipside tidak dapat mengunggah video untuk laman Reels.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper