Dirut Baru Telkomsel Disebut Perlu Perkuat OTT Lokal, Dorong Ekonomi Digital

Crysania Suhartanto
Jumat, 8 Desember 2023 | 19:36 WIB
Direktur Utama Telkomsel Nugroho (keempat dari kiri) dan Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna (paling kiri) beserta jajaran Direksi Telkomsel/dok. Telkom
Direktur Utama Telkomsel Nugroho (keempat dari kiri) dan Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna (paling kiri) beserta jajaran Direksi Telkomsel/dok. Telkom
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pengamat telekomunikasi menyarankan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) membuat platform over the top (OTT) tersendiri, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital dalam negeri.

Ketua Pusat Studi Kebijakan dan Regulasi Telekomunikasi Indonesia ITB Ian Yosef mengatakan dengan menghadirkan layanan OTT tersendiri, Telkomsel dapat menjadi ujung tombak perubahan ekonomi di Indonesia.

“Menjadikan Telkomsel sebagai ujung tombak pertumbuhan ekonomi dan manusia Indonesia baik di daerah urban, sub urban, maupun 3T,” ujar Ian kepada Bisnis, Jumat (8/12/2023).

Lebih lanjut, Ian mengatakan dengan menghadirkan layanan OTT sendiri, Telkomsel juga bisa memberikan peran di dunia internasional.

Senada, Ketua Umum Indonesia Digital Empowering Community (Idiec) Tesar Sandikapura mengatakan dalam mengembangkan OTT, Telkomsel dapat mengakuisisi sejumlah perusahaan rintisan lokal.

Menurut Tesar, banyak perusahaan lokal yang sebenarnya memiliki taji dan cukup berdampak, tetapi belum bisa berdiri sendiri.

Tesar berpendapat, dengan Telkomsel melakukan akuisisi para startup tersebut, perusahaan tidak hanya meraih untung.

“Sebenarnya startup-startup di Indonesia banyak yang berpotensi di OTT. Notabenenya kan sekarang OTT-OTT yang dipakai sekarang kan OTT luar, OTT asing,” ujar Tesar.

Dia juga berpendapat dengan memiliki OTT lokal yang kuatl, bandwidth masyarakat Indonesia akan berputar di dalam negeri dan tidak habis karena OTT asing.

Selain itu, Tesar juga menyarankan Telkomsel untuk mengadaptasi solusi teknologi yang laris di luar negeri, tetapi belum diimplementasikan di Indonesia.

Sebagai informasi, Telkomsel baru mengganti jajaran komisaris dan direksinya, pada Jumat (8/12/2023).

Berdasarkan informasi yang diterima Bisnis, Nugroho yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Network Telkomsel diangkat menjadi Direktur Utama untuk menggantikan Hendri Mulya Siam. Jajaran direksi baru inipun mulai efektif per 8 Desember 2023. 

Sementara itu, posisi Nanang Pamuji Mugasejati sebagai komisaris juga digantikan eks Dirut Telkomsel Sarwoto Atmosutarno, yang mulai efektif menjabat per 1 Desember 2023. 

Dengan demikian, berikut ini jajaran komisaris dan direksi Telkomsel yang baru.

Komisaris Utama : Wishnutama Kusubandio

Komisaris : Heri Supriadi

Komisaris : Yose Rizal

Komisaris : Sarwoto Atmosutarno 

Komisaris : Yuen Kuan Moon 

Komisaris : Anna Yip 

Direktur Utama : Nugroho 

Direktur Finance and Risk Management: Mohamad Ramzy 

Direktur Sales : Adiwinahyu Basuki Sigit 

Direktur Network : Indra Mardiatna 

Direktur Planning & Transformation : Wong Soon Nam 

Direktur Information Technology : Bharat Alva 

Direktur Marketing : Derrick Heng 

Direktur Human Capital Management : R. Muharam Perbawamukti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper