MNC Group Perluas Kerja Sama dengan Indosat, Hary Tanoe: Ini Baru Awal

Crysania Suhartanto
Selasa, 28 November 2023 | 15:51 WIB
Hary Tanoesoedibjo, Executive Chairman MNC Group. /Bisnis.com
Hary Tanoesoedibjo, Executive Chairman MNC Group. /Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo membuka peluang untuk kerja sama yang lebih luas dengan PT Indosat Tbk. (ISAT). 

Pelepasan aset MNC Play besama 300.000 pelanggan dipastikan akan menguntungkan semua pihak. Adapun MNC Group sendiri selain memiliki layanan internet tetap, juga memiliki bisnis media, hingga satelit.

“Ini awal dari kerja sama strategis antara para pihak, diharapkan ke depannya itu bisa berkembang menjadi lebih pesat lagi,” ujar Hary pada paparannya di Gedung MNC, Senin (27/11/2023).

Menurut Hary, kerja sama ini bukanlah yang terakhir. Hary berharap agar kolaborasi antar tiga belah pihak ini akan terus ada dan terus bertambah. 

Sebagai informasi, PT Indosat Tbk. (ISAT) mengakuisisi 300.000 pelanggan milik MNC Play milik PT MNC Kabel Mediacom, anak usaha PT MNC Vision Networks Tbk. (IPTV) dengan nilai transaksi Rp876,86 miliar. Aksi korporasi ini menjadikan pelanggan Indosat lebih dari 300.000 pengguna. Adapun sebelumnya pengguna HiFi Indosat hanya 20.000. 

Selain itu, pada kesempatan yang sama MNC Play juga diakuisisi secara jaringan oleh Asianet dari Lighstorm Group. Alhasil, jaringan fiber dari Asianet akan mencapai 15 ribu kilometer dan lebih dari 1,5 juta homepass di 10 kota di Indonesia. Adapun nilai dari transaksi tersebut mencapai Rp3,3 triliun yang akan diselesaikan secara bertahap.

“Jadi walaupun ada transaksi, ini masih kolaborasi, networknya dipegang oleh Asianet Group, pelanggannya dipegang oleh Indosat, trus IPTV nya masih ikut di situ, tetapi nanti koleksinya berubah,” ujar Hary.

Senada, President Director and CEO Indosat Vikram Sinha mengatakan antusiasmenya dalam menyambut pelanggan MNC Play ke dalam keluarga besar Indosat. 

Dengan ini, Indosat tidak hanya berfokus pada angka, tetapi juga meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan.

“Tambahan layanan IPTV yang disediakan oleh MNC Play menjadikan Indosat HiFi tidak hanya menawarkan layanan broadband tetapi juga tambahan entertainment seperti TV Kabel,” ujar Vikram. 

Sementara itu CEO dan Managing Director Lighstorm Group, induk dari Asianet Amajit Gupta turut menyatakan kebanggannya atas proses akuisisi ini. 

Menurutnya, aksi korporasi ini menjadikan Asianet sebagai salah satu carrier-neutral FTTH operators di Indonesia.

“Transaksi ini juga membuktikan model bisnis inovatif Lightstorm dan menjadikan Asianet sebagai mitra infrastruktur yang dipilih oleh para operator dan penyedia layanan di Indonesia,” ujar Amajit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper