Konten Kreator TikTok di AS ‘Menangis’, Program Creator Fund Rp15,6 Triliun Dihentikan

Redaksi
Rabu, 8 November 2023 | 20:44 WIB
Iklan tiktok dalam layar yang berada di stasiun metro Washington DC, Amerika Serikat pada Kamis (30/3/2023). - Bloomberg/Andrew Harrer
Iklan tiktok dalam layar yang berada di stasiun metro Washington DC, Amerika Serikat pada Kamis (30/3/2023). - Bloomberg/Andrew Harrer
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – TikTok, aplikasi media sosial, mengakhiri program Dana Kreator senilai $1 miliar atau setara Rp15,6 triliun (kurs: Rp15.689), yang menjanjikan pemberian uang kepada kreator selama 3 tahun.

Juru bicara TikTok Maria Jung mengumumkan bahwa Creator Fund akan dihentikan di Amerika Serikat, Inggris Raya, Prancis, dan Jerman pada 16 Desember 2023.

“Kreator di AS, Inggris, Jerman, dan Prancis tidak lagi dapat memonetisasi konten mereka melalui dana awal,” kata juru bicara TikTok, dikutip dari theverge, Rabu (8/11/2023).

Sementara itu pengguna TikTok di negara Italia dan Spanyol, lanjutnya, tidak terpengaruhi oleh perubahan ini. 

Creator Fund atau dana Creator diperkenalkan pada 2022, TikTok mengumumkan akan membayar $1 miliar untuk para konten kreator untuk membuat video yang populer dengan ratusan ribu atau hingga jutaan penonton.

Creator Fund adalah sebuah penghargaan bagi yang telah membuat video TikTok dengan dampak jumlah penonton, like, dan komentar terbanyak. 

Creativity program perubahan fitur Creator fund dalam versi Beta merupakan program reward yang dirancang untuk menghasilkan pendapatan lebih tinggi dan membuka peluang bagi para pembuat konten. 

Sayangnya, TikTok tidak menjelaskan terkait apakah perusahaan telah membayar seluruh jumlah $1 miliar kepada pembuat konten yang telah memenuhi syarat. Pasalnya, banyak kreator yang mengkritik TikTok terkait dana tersebut.

Adapun tujuan dari dana tersebut untuk memungkinkan para influencer dengan 10.000 pengikut yang telah dikumpulkan sekitar 100.000 penayangan dalam 30 hari terakhir utnuk menghasilkan uang dari platform TikTok. 

“Tujuan utama kami adalah menciptakan pengalaman terbaik di TikTok dan menyediakan ekosistem penawaran monetisasi yang kuat kepada para pembuat konten,” kata juru bicara TikTok.

Selama ini, para influencer dan pembuat konten menyadari rendahnya biaya yang mereka terima dan terkadang hanya beberapa dolar untuk satu juta tayangan, sehingga tidak mungkin mendapatkan penghasilan hanya dari dan biaya produksi konten.

Dalam konteks Creator Fund, pada awal tahun ini TikTok memperkenalkan Program Kreativitas dan dana tersebut akan menghasilkan upah yang lebih tinggi bagi pembuat konten terkenal.

TikTok telah mengembangkan sistem penghargaan atas aktivitas kreatifnya guna menghasilkan pendapatan atas penayangan video berkualitas. Hal ini berbeda dengan Creator Fund yang tidak memiliki persyaratan khusus mengenai durasi video. Pada saat yang sama, program kreatif memberikan penghargaan kepada pembuat konten yang membuat video berdurasi lebih dari satu menit.

Kreator yang memenuhi syarat dan memposting konten orisinal berkualitas tinggi selama lebih dari 1 menit dapat memperoleh penghasilan hingga 20 kali lipat dari jumlah yang sebelumnya dibayarkan oleh Dana Kreator. 

Tak heran, program ini hanya memiliki komitmen tiga tahun dari jumlah yang akan disalurkan. Kreator di AS, Inggris, Jerman, dan Prancis adalah bagian dari dana yang dapat berpartisipasi dalam kegiatan kreatif. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper