Akuisisi MNC Play Bakal Percepat Penetrasi FMC Indosat ke Pasar, Saingi Telkomsel

Leo Dwi Jatmiko
Minggu, 29 Oktober 2023 | 19:20 WIB
Karyawan beraktivitas di gerai PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison di Jakarta, Rabu (28/9/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan beraktivitas di gerai PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison di Jakarta, Rabu (28/9/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rencana PT Indosat Tbk. untuk mengakuisisi sebagian aset milik MNC Play diyakini dapat mendorong penetrasi produk fixed mobile convergence (FMC) perusahaan ke pasar menjadi lebih cepat.

Emiten berkode saham ISAT itu dapat memangkas waktu penggelaran jaringan untuk mencapai kawasan target pelanggan. 

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Muhammad Arif mengatakan MNC Play saat ini telah memiliki pasar yang loyal dan merupakan salah satu penyedia jasa internet yang besar di Tanah Air. 

Menurut Survei APJII pada 2023, pangsa pasar MNC Play mencapai 2,47% atau di atas Biznet, CBN dan XL Home. 

“‎​​Basis pelanggan ritel yang sudah ada, sehingga Indosat akan lebih cepat masuk ke bisnis konvergensi bersaing dengan Telkomsel-Indihome,” kata Arif kepada Bisnis, Minggu (29/10/2023) 

Arif juga mengatakan ‎​​akuisisi akan membuat proses masuk ke pasar menjadi lebih cepat dibandingkan dengan menggelar jaringan sendiri. 

Penggelaran jaringan secara mandiri akan memakan waktu cukup lama dan akan tertinggal dengan pemain lain seperti XL Axiata

“Karena XL Axiata sudah mengakuisisi Firstmedia sebelumnya,” kata Arif. 

Senada, Ketua Pusat Kajian Kebijakan dan Regulasi Telekomunikasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Ian Yosef M. Edward menilai MNC Play memiliki basis pelanggan yang besar di kota-kota besar, dan memiliki konten televisi juga, yang membuat Indosat mendapat dua manfaat dalam satu aksi. 

Tidak hanya itu, dengan menjalin kerja sama Indosat juga berpeluang memanfaatkan serat optik milik MNC Play untuk ekspansi 5G. 

“Tren FMC yang mendorong operator telekomunikasi memiliki pelanggan fixed/rumah, satu layanan dan koordinasi yang akan membuat efesiensi,” kata Ian. 

Sebelumnya, Indosat tengah menjalin komunikasi dengan PT MNC Kabel Mediacom (MKM) atau MNC Play untuk mengakuisisi sejumlah aset guna memperluas pasar internet rumah (FTTH) perusahaan. 

Indosat juga memberi respons mengenai rumor yang beredar.  

Dalam keterbukaan informasi, Chief Legal & Regulatory Officer dan/and Sekretaris Perusahaan/Corporate Secretary Reski Damayanti mengatakan saat ini perusahaan dalam proses memperluas bisnis FTTH, dengan mengakuisisi sebagian aset MNC Play.  

“Kami sedang dalam proses untuk mengambilalih sejumlah pelanggan dari segmen usaha MNC Play milik PT MNC Kabel Mediacom (MKM),” kata Reski, dikutip Sabtu (28/10/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper