Pinglu Rift Valley, Bumi Terlihat Terbelah jadi Dua Bagian

Rendi Mahendra
Kamis, 19 Oktober 2023 | 11:00 WIB
Pinglu Rift Valley merupakan fenomena alam yang berada di Dataran Tinggi Loess yang luas di Tiongkok tengah-utara.
Pinglu Rift Valley merupakan fenomena alam yang berada di Dataran Tinggi Loess yang luas di Tiongkok tengah-utara.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Keindahan Lembah Celah Pinglu telah diakui dunia, fenomena kerak bumi yang terlihat seperti membelah bumi menjadi dua bagian.

Lembah Celah Pinglu berdiri sebagai bukti sejarah geologi Bumi yang dinamis terletak di Dataran Tinggi Loess yang luas di Tiongkok tengah-utara.

Lembah ini meliputi area seluas sekitar 400.000 kilometer persegi, fitur luar biasa ini adalah contoh mencolok dari kerak bumi yang terus berevolusi, yang dibentuk oleh kekuatan-kekuatan jauh di dalam planet.

Lembah keretakan, yang ditandai dengan cekungan yang panjang dan sempit di kerak bumi, merupakan keajaiban geologi yang terbentuk oleh pergerakan tektonik tanpa henti yang membentuk dunia.

Dikutip dari laman Hasan Jasim, pembentukannya dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk lempeng tektonik, aktivitas gunung berapi, dan proses glasial.

Lembah Celah Pinglu, khususnya, berakar pada tarian rumit kerak bumi. Sekitar 10 juta tahun yang lalu, lembah menakjubkan ini mulai terbentuk akibat pengaruh kekuatan tektonik.

Lempeng Eurasia dan Blok Cina Utara, dua entitas tektonik besar, memulai perjalanan pemisahan, dan di sepanjang batas lempeng raksasa inilah Pinglu Rift Valley kini menemukan rumahnya.

Saat seseorang menyelami jantung Pinglu Rift Valley, sebuah dunia menawan terbentang. Membentang sekitar 10 kilometer panjangnya dan berukuran lebar 1-2 kilometer, ia menyelam hingga kedalaman sekitar 100 meter pada titik terdalamnya.

Tebing curam, yang dibentuk oleh kekuatan alam yang tiada henti, mengelilingi lembah, dibangun dari loess, sejenis sedimen yang tertiup angin yang menceritakan kisah angin kuno dan perubahan bentang alam.

Namun, Pinglu Rift Valley bukan hanya sebuah mahakarya geologis namun juga merupakan suaka bagi beragam flora dan fauna, beberapa di antaranya langka atau terancam punah.

Bentang alamnya yang menakjubkan dan signifikansi geologisnya yang mendalam menjadikannya magnet bagi wisatawan yang mencari keindahan alam dan wawasan ilmiah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper