Kominfo Gandeng MDI Ventures dan TMI, Gelar Nex-BE Fest Plus Hub.ID

Kahfi
Kamis, 14 September 2023 | 14:05 WIB
NexBE Fest Panel Discussion  yang menghadirkan antara lain Mia Melinda, CEO TMI,   Fadli Rahman dari Pertamina Power Indonesia,  Tomy Yunus, Cakap, dan Armand Widjaja dari CCV/Istimewa
NexBE Fest Panel Discussion yang menghadirkan antara lain Mia Melinda, CEO TMI, Fadli Rahman dari Pertamina Power Indonesia, Tomy Yunus, Cakap, dan Armand Widjaja dari CCV/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- MDI Ventures dan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo, menggelar kegiatan “Partner Day HUB.ID x Nex-BE Fest 2023” untuk membuka peluang kolaborasi usaha rintisan. 

Kegiatan itu bertema “Fostering Synergy Network for Stronger Digital Economic Growth”. Nex-BE Fest (Next Billion Ecosystem Festival) sendiri merupakan acara tahunan dari MDI Ventures dan TMI yang bertujuan untuk menjembatani peluang solusi digital dan sinergi baru dari startup digital ke dalam ranah BUMN dan berbagai unit bisnis di lingkungan Telkom Group. 

Tahun ini, MDI Ventures dan TMI memperluas kerjasamanya dengan program akselerator Kominfo, HUB.ID, untuk semakin memperbesar dampak sinergi BUMN dan startup. Acara HUB.ID x Nex-BE Fest 2023 sendiri dihadiri oleh 500 peserta, baik dari sektor privat, universitas, BUMN, dan lini bisnis Telkom Group yang mengikuti match-making dengan startup di portofolio MDI Ventures, TMI, dan HUB.ID. Hasilnya, ada sekitar 750 sesi match-making yang menghubungkan 80 peserta startup dan 80 mitra bisnis yang hadir dalam total 12 sesi.

Sejak pertama kali diselenggarakan pada 2019, Nex-BE Fest telah berhasil mendukung pengembangan ekosistem digital BUMN dan startup melalui total 498 business matchmaking. Hingga pada pertengahan  2023, tercatat nilai sinergi antara startup dan BUMN mencapai lebih dari US$686 juta. 

“Dengan mengusung tema Fostering Synergy Networks, para startup dan perusahaan BUMN dan swasta peserta HUB.ID x Nex-BE Fest 2023 dapat melakukan eksplorasi mendalam untuk memahami kebutuhan bisnis masing- masing, sekaligus bertukar solusi sesuai dengan kapabilitas yang mereka miliki. Inilah yang menjadi esensi utama dari Nex-BE Fest, yakni menggali peluang sinergi baru yang akan berdampak positif bagi pertumbuhan bisnis startup dan juga perusahaan BUMN hingga swasta yang berpartisipasi,” kata Donald Wihardja, CEO MDI Ventures, dikutip pada Kamis (14/9/2023). 

Potensi kolaborasi strategis antara BUMN dan startup terwujud dalam penandatanganan proyek baru dari kedua belah pihak. Dalam acara HUB.ID x Nex-BE Fest 2023, terdapat pula beberapa sinergi menarik seperti Cakap & PT Metra-Net yang menandatangani kerja sama pemasaran referral, FitAja dan Admedika yang bekerjasama dalam pengembangan ekosistem digital kesehatan, serta Opsigo dan Kimia Farma yang bersama mengelola kebutuhan pariwisata korporasi.

Kerja sama lain yang tercipta yaitu antara Privy dan Telkomsel MSight yang mengembangkan solusi tanda tangan digital untuk sektor perusahaan, hingga RunSystem dan  Telkom Property yang menunjang pengimplementasian Enterprise Resource Planning (ERP). 

“Kami turut bangga terhadap bentuk kolaborasi dengan Kominfo pada tahun ini melalui HUB.ID X NEX-Be Fest 2023, sehingga Telkom Indonesia melalui MDI Ventures dan TMI dapat menggali potensi sinergi dan ide-ide inovatif yang diharapkan dapat memberi dampak yang real dan signifikan bagi ekonomi digital Indonesia”, ungkap Fajrin Rasyid, Direktur Digital Business Telkom Group.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper