Heboh Aplikasi Gojek (GOTO) Sempat Bermasalah, Berikut Penjelasan Manajemen

Crysania Suhartanto
Selasa, 12 September 2023 | 11:02 WIB
Seorang kurir Go-Food, layanan pesan-antar makanan yang dioperasikan oleh PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), sedang mengambil pesanan pelanggan di Jakarta, Indonesia. - Bloomberg/Dimas Ardian
Seorang kurir Go-Food, layanan pesan-antar makanan yang dioperasikan oleh PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), sedang mengambil pesanan pelanggan di Jakarta, Indonesia. - Bloomberg/Dimas Ardian
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) memastikan bahwa aplikasi ride-hailing Gojek telah berjalan normal, setelah sempat mengalami kendala teknis pagi tadi. 

SVP Corporate Affair Gojek Rubi W Purnomo mengatakan saat ini pelanggan sudah dapat memesan layanan Gojek seperti biasa.

“Kami langsung merespons hal ini dan telah berhasil menangani kendala tersebut dalam waktu relatif singkat, sehingga saat ini pelanggan dapat kembali memesan layanan Gojek seperti biasa,”ujar Rubi kepada Bisnis, Selasa (12/3/2023).

Sebagai informasi, apikasi ride-hailing Gojek sempat mengalami kendala teknis dalam aplikasinya mulai Selasa (12/9/2023) sekitar pukul 07.30 WIB. 

Alhasil, aplikasi para pengemudi tidak dapat mengambil pesanan ataupun diberikan pesanan. Padahal di sisi pengguna, mereka sudah mendapatkan pengemudi dan informasi tersebut tidak sampai ke aplikasi pengemudi.

Oleh karena itu, para pengguna juga tidak dapat melacak posisi driver karena memang komunikasi antara kedua belah pihak tidak berjalan.

Seorang driver Gojek, Ahmad mengatakan hal ini membuat banyaknya driver yang terpaksa melakukan order manual, terutama di daerah-daerah yang ramai pelanggan seperti stasiun MRT dan KRL.

Ahmad mengatakan kendala ini bukan pertama kalinya terjadi di tahun ini. Namun, menurut Ahmad, sebelumnya durasi errornya aplikasi Gojek tidak selama ini. 

"Lamaan ini. Padahal jam-jam berangkat kerja," ujar Ahmad kepada Bisnis.

Hal inipun kemudian menjadi trending topics di aplikasi “X” yang dulunya Twitter. Banyak netizen pun menyerbu akun X dari @gojekindonesia. 

Akun X @poikiloterm mengeluhkan kendala ini membuat dirinya menjadi telat untuk masuk kerja. Apalagi saldo Gopay yang ternyata juga terpotong, padahal dirinya belum menggunakan layanan Gojek.

“Dan setelah dichat drivernya, ternyata dia juga tidak dapat orderannya. Gopay terpotong Rp11.000 dan gaji terpotong Rp50.000,” ujar akun @poikiloterm.

Akun lainnya @chbigiri bahkan mengeluhkan saldo yang terpotong ini membuatnya menunggu selama satu jam. Selain itu, masalah aplikasi inipun juga membuat orderan yang sudah masuk tidak dapat dibatalkan. 

“Tolong dibantu dong. Sudah mau satu jam menunggu. Mana saldo sudah terpotong, tapi (aplikasi) malah error. Tidak dapat dibatalkan, lagi,” ujar akun @chbigiri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper